Ini 7 Kesalahan Memasak Ayam yang Sering Dilakukan

ADVERTISEMENT

Ini 7 Kesalahan Memasak Ayam yang Sering Dilakukan

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 13 Jul 2022 08:00 WIB
Ini 7 Kesalahan Memasak Ayam yang Sering Dilakukan
Foto: Getty Images/iStockphoto/nd3000
Jakarta -

Menjadi salah satu sumber protein yang murah, daging ayam banyak dikonsumsi. Ternyata banyak kesalahan saat memasak ayam yang masih sering dilakukan.

Daging ayam menjadi salah satu sumber protein yang paling banyak dikonsumsi. Rasanya yang enak, cara pengolahannya yang mudah, harganya murah membuat banyak orang lebih memilih untuk mengonsumsi ayam.

Ayam cocok untuk dimasak dengan berbagai macam bumbu dan olahan. Tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengolah ayam.

Banyak orang yang masih salah saat mengolah ayam menjadi hidangan lezat. Jika ingin hidangan ayam rasanya lebih maksimal usahakan untuk menghindari beberapa kesalahan yang sering dilakukan ini.

Berikut ini 7 kesalahan yang paling sering dilakukan saat mengolah ayam menurut Food NDTV (1/7):

Ini 7 Kesalahan Memasak Ayam yang Sering DilakukanAyam beku dikatakan memiliki kualitas yang lebih rendah daripada ayam segar. Foto: Getty Images/iStockphoto/nd3000

1. Membeli ayam beku

Ayam yang segar memiliki kandungan cairan alami yang nantinya akan membuat masakan menjadi lebih juicy. Sayangnya banyak orang yang tidak memilih ayam segar dan cenderung membeli ayam beku.

Ketika ayam dibekukan, kandungan cairan alaminya akan berubah dan menjadi lebih kering. Departemen Pertanian Amerika Serikat bahkan melarang para penjual ayam beku ini untuk melabelkan ayam menjadi segar karena perbedaan kualitas yang jauh.

2. Memilih ayam tanpa tulang

Untuk mengurangi kerumitan saat memasak banyak orang yang lebih memilih ayam tanpa tulang. Nyatanya daging ayam yang paling dekat dengan tulang justru mengandung lemak yang akan membuat ayam memiliki tekstur juicy.

Ketika dimasak, lapisan lemak yang ada di dekat tulang ayam juga akan meleleh dan membuat rasa daging ayam menjadi lebih gurih lezat alami. Sebaiknya masak ayam bertulang atau pisah kan tulang ayam setelah ayamnya matang.

3. Mencuci daging ayam

Dengan alasan kebersihan banyak orang yang mencuci daging ayam sebelum dimasak. Ternyata Departemen Pertanian Amerika Serikat justru tidak menganjurkan hal ini untuk dilakukan.

Daging ayam yang mentah mengandung banyak bakteri yang mudah berpindah melalui air mengalir. Mencuci daging ayam yang mentah justru dikhawatirkan dapat memindahkan bakteri ke permukaan dapur atau bahan makanan lainnya.

Kesalahan yang wajib dihindari saat mengolah ayam lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT