ADVERTISEMENT

Cara Membuat Nasi Madhi Sedap Berempah ala Chef Resto Timur Tengah

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 12 Jul 2022 10:30 WIB
Hadrami House, restoran Timur Tengah dengan menu andalan nasi mandhi kambing yang nikmat.
Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Nasi mandhi, menu populer di restoran Timur Tengah yang disajikan dengan daging kambing panggang. Tak sulit membuatnya, ikuti tips dari chef berikut.

Nasi mandhi merupakan olahan nasi gurih khas Timur Tengah yang memiliki aroma rempah kuat. Menu nasi mandhi sangat populer di berbagai restoran Timur Tengah.

Nasi mandhi tak hanya sekadar gurih, tapi kenikmatannya juga berasal dari racikan rempah-rempah yang digunakan. Rempah-rempahnya bisa terdiri dari 7 sampai 10 macam.

Kalau ingin membuat nasi mandhi sendiri di rumah, berikut tips dari chef restoran Timur Tengah.

Baca Juga: Hadrami House, Restoran Timur Tengah yang Punya Nasi Mandhi Kambing Lezat

1. Beras yang Digunakan

Hadrami House, restoran Timur Tengah dengan menu andalan nasi mandhi kambing yang nikmat.Hadrami House, restoran Timur Tengah dengan menu andalan nasi mandhi kambing yang nikmat. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Hidangan nasi mandhi biasanya menggunakan beras basmati. Jenis beras 'long grain', beras aromatik yang bentuknya panjang dan ramping. Beras ini banyak ditemukan di kawasan Timur Tengah.

Tekstur dari beras basmati sendiri tidak pulen. Saat dimasak akan terurai atau pera tetapi saat dikunyah terasa lembut pulen.

Deni Saputra selaku asisten chef Hadrami House menjelaskan kalau ingin makan nasi mandhi yang enak memang harus menggunakan beras basmati. Agar rasanya autentik dan nikmat.

"Beras yang dipakai ya harusnya beras basmati. Kalau di resto ini ya pakainya itu beras bulog basmati yang dari India," ujar Deni Saputra kepada detikFood (6/7).

Beras basmati sudah banyak ditemukan di Indonesia. Kamu bisa mendapatkannya di supermarket maupun e-commerce dengan merek beragam. Harga per kilogramnya mulai dari Rp 30.000-an.

Baca Juga: Daging Sapi Masih Bergerak Setelah Dipotong, Ini Alasan Ilmiahnya



Simak Video "Jajal Kuliner ala Timur Tengah, Rempahnya Nendang!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT