Keren! Ada Restoran Indonesia Masuk Michelin Guide Singapura 2022

ADVERTISEMENT

Keren! Ada Restoran Indonesia Masuk Michelin Guide Singapura 2022

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 12 Jul 2022 13:00 WIB
Keren! Ada Restoran Indonesia Masuk Michelin Guide Singapura 2022
Foto: Instagram thehungertrack via cumibalisg
Singapura -

Michelin Guide Singapura 2022 merilis Bib Gourmand yang berisi daftar tempat makan enak dengan harga terjangkau. Salah satu yang masuk daftar ini adalah restoran Indonesia di sana.

Geliat perekonomian Singapura yang mulai pulih dan sehat membuat Michelin Guide tak ragu meluncurkan daftarnya tahun ini. Mereka mengeluarkan Bib Gourmand yang berarti tempat makan dinilai punya sajian enak, namun harganya terjangkau.

Mengutip South China Morning Post (8/7/2022), terdapat total 67 tempat makan dalam Bib Gourmand Michelin Guide Singapura 2022. Daftar ini mencakup 5 pendatang baru dari kategori restoran, 3 tempat makan di hawker centre, dan sisanya adalah makanan yang dijual di kaki lima.

Kisaran harga dari tempat makan tersebut juga dibatasi. Dari kategori restoran, harganya SGD 20-72 atau sekitar Rp 213.000-769.000. Sedangkan untuk makanan di hawker centre, yang terpilih adalah makanan dengan rentang harga SGD 6-10 atau sekitar Rp 64.000-106.000.

Adapun kategori Bob Gourmand pertama kali dibuat tahun 1997. Inspektur Michelin menjamin tempat yang mereka pilih bakal menawarkan pengalaman makan istimewa yang sifatnya 'value for money'.

"Dengan pemilihan lokasi Bib Gourmand yang baru diberikan ini, kami merayakan dinamisme industri makanan lokal, yang tidak kehilangan semangat sama sekali, maupun kualitas penawarannya," kata Gwendal Poullennec, direktur internasional Michelin Guide.

Berikut 5 pendatang baru dalam daftar Bib Gourmand Michelin Guide Singapura 2022 dari kategori restoran:

1. Cumi Bali

Keren! Ada Restoran Indonesia Masuk Michelin Guide Singapura 2022Foto: Instagram qingxiangsqx via cumibalisg

Cumi Bali adalah restoran Indonesia yang berlokasi di 50 Tras Street. Mengutip situs resminya, Cumi Bali dulunya berlokasi di kawasan Duxton Hill dan Tanjong Pagar sebelum berpindah ke tempat sekarang.

Cumi Bali berdiri sejak 1986. Restoran ini menghadirkan suasana khas Indonesia, begitu juga dengan menu-menu tradisional yang kaya rempah.

Menu andalannya, Cumi Bali berupa cumi bakar yang kenyal juicy dan akan meleleh di mulut ketika disantap. Proses pemanggangannya masih dengan arang.

Lalu ada juga Ikan Bakar yang dibuat dengan 18 jenis rempah dan jadi favorit para pencinta ikan bakar. Menu lain yang juga sayang dilewatkan adalah Sate Madura, Udang Serai, Sambal Cumi Terong Balado, Sayur Lodeh, Sop Buntut, hingga es cendol.

2. Fool

Keren! Ada Restoran Indonesia Masuk Michelin Guide Singapura 2022Foto: Instagram foolwine.sg

Menikmati menu Eropa kontemporer bisa di Fool yang berlokasi di 21 Boon Tat Street. Tempat ini sebenarnya mengusung konsep utama berupa wine bar modern.

Fool didirikan oleh Rishi Naleendra, seorang chef dan Vinodhan Veloo, seorang manajer grup minuman. Berbagai macam wine bisa dicicip di sini, termasuk wine artisan.

Untuk menu makanannya cukup beragam dengan beberapa menu spesial hanya tersaji saat makan siang. Salah satunya Steak Frites seharga SGD 48 (Rp 513 ribu) ini. Lalu ada juga pasta, fish & chips, hingga olahan wagyu.

3. One Prawn & Co

Keren! Ada Restoran Indonesia Masuk Michelin Guide Singapura 2022Foto: Instagram oneprawnnco

Daftar Bib Gourmand Michelin Guide Singapura 2022 juga termasuk restoran mie udang bernama One Prawn & Co. Restoran ini berlokasi di 458 MacPherson Road.

Restoran ini didirikan sekelompok anak muda di Singapura yang menggabungkan konsep cita rasa mie udang khas Penang dengan kuah ramen Jepang. Restoran ini dikepalai chef Gwyneth Ang yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun bekerja di berbagai restoran.

One Prawn & Co menyajikan kaldu dengan dua komponen utama, yaitu prawn bisque dan kaldu tonkotsu berbahan tulang babi. Hasilnya kaldu kaya kolagen dan begitu creamy.

Daftar restoran yang masuk Bib Gourmand Michelin Guide Singapura 2022 ada di halaman selanjutnya.



Simak Video "Icip-Icip Lezatnya Ponggol Nasi Lemak Khas Singapura"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT