4 Tips Meracik Cold Brew ala Starbucks, Mudah Dibuat di Rumah!

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

4 Tips Meracik Cold Brew ala Starbucks, Mudah Dibuat di Rumah!

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 12 Jul 2022 08:00 WIB
4 Tips Meracik Cold Brew ala Starbucks, Mudah Dibuat di Rumah!
Foto: Getty Images/iStockphoto/Suphansa Subruayying

3. Rendam kopi selama 20 jam

Cold brew bukan metode penyeduhan yang bisa dilakukan dalam waktu yang singkat seperti penyeduhan kopi pada umumnya. Cold brew membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengeluarkan ekstrak kopi.

Penggunaan air bersuhu dingin membuat proses ekstraksinya lebih lama tetapi hasilnya lebih maksimal. Penyeduhan dengan metode cold brew ala Starbucks dikatakan membutuhkan waktu hingga 20 jam lamanya.

Walaupun membutuhkan waktu yang sangat panjang tetapi pembuatannya yang bisa dilakukan dalam skala besar ini membuat hasilnya bisa dinikmati sampai berkali-kali. Melalui perendaman yang lama ini justru membuat racikan cold brew mampu mengeluarkan rasanya seperti manis alami hingga rasa pahitnya dengan seimbang.

4 Tips Meracik Cold Brew ala Starbucks, Mudah Dibuat di Rumah!Setelah didiamkan selama minimal 20 jam, cold brew bisa disaring dan siap diminum. Foto: Getty Images/iStockphoto/Suphansa Subruayying

4. Saring secara perlahan

Sebenarnya untuk cold brew buatan Starbucks ini mereka menggunakan alat yang bernama Toddy System. Konon alat ini membuat kopi disaring secara perlahan mengikuti daya tarik gravitasi bumi.

Tetapi jika alat ini tidak ada di rumah ada cara lain yang bisa dilakukan. Barista profesional menyarankan untuk menggunakan kain dengan serat yang halus untuk menyaring cold brew di rumah.

Jenis kain yang disarankan berupa kain saringan keju atau yang juga biasa digunakan dalam pembuatan tahu. Kepadatan serat kainnya yang sangat rapat membuat cold brew akan tersaring secara perlahan dan ampas kopinya terpisah dengan sempurna.



Simak Video "Kenapa Starbucks Kalengan Harganya Jauh Lebih Murah?"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT