ADVERTISEMENT

5 Trik dari Chef untuk Cegah Makanan Kurang atau Justru Terlalu Asin

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 10 Jul 2022 07:00 WIB
Trik chef agar masakan tidak kurang asin atau keasinan
Foto: Getty Images
Jakarta -

Ketika masak, terkadang takaran garam bisa membuat makananmu kurang asin atau bahkan keasinan. Tapi jangan khawatir, coba 5 trik dari chef ini agar takaran garam pas.

Garam menjadi salah satu bumbu yang penting dalam sebuah masakan. Jika masakan tidak diberi garam, biasanya makanan akan terasa hambar.

Namun dalam menggunakan garam, sering kali seseorang sukar menemukan takaran yang tepat. Akibatnya, dalam beberapa masakan bisa jadi jumlah garamnya terlalu sedikit atau bahkan terlalu banyak.

Makanan dengan jumlah garam yang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan. Hal ini akan memperburuk kondisi kesehatan seperti menyebabkan tekanan darah tinggi.

Tetapi makanan yang kurang garam juga pastinya menghasilkan rasa yang hambar. Karenanya untuk mengatasi hal ini, dibutuhkan keterampilan dan perhatian khusus saat menggarami masakan.

Dirangkum dari wellandgood.com (02/04), cobalah lakukan 5 trik yang diungkapkan Chef Christopher Arturo:

1. Buat Rencana Sebelumnya

Chef Arturo mengatakan, cara termudah yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa asin atau kekurangan rasa asin adalah dengan merencanakan masakan terlebih dahulu.

'Rencana' dalam hal ini berarti semua bahan yang dimasak atau yang akan diproses, harus dipikirkan seberapa banyak garam yang akan membumbui masakan itu.

Cara ini bisa diterapkan ketika memasak steak berisi potongan daging tebal, misalnya. Hindari menggarami air rebusan daging karena akan jadi sangat asin nantinya. Tumis sayuran juga bisa dibumbui di awal tanpa harus mengkhawatirkan rasa asin berlebihan.

2. Tambahkan Garam Sedikit demi Sedikit

Trik chef agar masakan tidak kurang asin atau keasinanUntuk memastikan makanan tidak terlalu asin, cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menambahkan secara perlahan. Foto: Getty Images

Chef Arturo mengungkapkan kita akan selalu bisa menambah garam, tetapi tidak pernah bisa menghilangkannya. Jadi untuk memastikan makanan tidak terlalu asin, cara yang bisa dilakukan yaitu dengan secara perlahan menambahkannya.

Ketika sedang masak, coba untuk tuangkan sedikit garam terlebih dahulu. Jika memang dirasa kurang asin, boleh ditambahkan lagi sedikit demi sedikit hingga mencapai rasa yang pas.



Simak Video "Gurih Pedas Nasi Jinggo Sambal Belut di Bali"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT