7 Cara Ampuh Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing

ADVERTISEMENT

50 Resep & Tips Olahan Daging Kurban

7 Cara Ampuh Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 09 Jul 2022 10:00 WIB
Ketahuan Makan Daging Kambing, Wanita Ini Terancam Diceraikan Suami

Sonia P
Foto: Stock Photo/Site Recipes

2. Potong Lemak Berlebih pada Daging Kambing

lemak daging bentuk iblisDilansir dari livestrong.com (15/11/2019), lemak pada daging dapat memicu bau. Ketika dimasak, lemak juga menjadi sumber bau paling menyengat. Foto: Istimewa

Daging kambing yang diterima biasanya masih menyisakan banyak lemak. Lemak ini menjadi salah satu penyebab daging kambing mengeluarkan bau prengus.

Dilansir dari livestrong.com (15/11/2019), lemak pada daging dapat memicu bau. Ketika dimasak, lemak juga menjadi sumber bau paling menyengat.

Sebelum mengolah daging, pastikan memotong beberapa lemak berlebih. Semakin sedikit lemak yang meleleh dalam proses memasak, maka akan semakin sedikit aroma yang muncul. Lemak bisa dipotong ketika masih agak dingin.

3. Lumuri Daging dengan Garam

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau daging kambing yaitu dengan melumuri garam. Penggaraman daging mampu menghilangkan sebagian darah yang masih tersisa.

Lumuri setiap sisi daging dengan garam kemudian didiamkan selama sekitar 1 jam. Lalu setelah didiamkan, bilas daging sebelum dimasak lebih lanjut.

4. Rendam dalam Air Jeruk Nipis, Cuka, atau Susu

5 Cara Alami Mengempukkan Daging Kurban Agar Lembut Saat DikunyahRendam daging dalam waktu beberapa jam atau semalaman dalam cairan asam seperti cuka atau jeruk nipis. Foto: Getty Images/iStockphoto/Gia Gusrianto

Merendam daging kambing dalam cairan asam ataupun susu juga dikenal ampuh menghilangkan bau prengus.

Rendam daging dalam waktu beberapa jam atau semalaman dalam cairan asam seperti cuka atau jeruk nipis. Cairan asam ini dapat bekerja dengan baik untuk menghilangkan bau sekaligus menambah sedikit rasa pada daging.

Selain cairan asam, daging juga bisa direndam dalam susu. Perendaman ini berfungsi untuk menghilangkan bau prengus serta membuat daging lebih empuk.

5. Lumuri Bumbu

Daging kambing bisa dibumbui sesuai dengan olahan yang akan dibuat. Namun pada umumnya, rempah-rempah yang digunakan biasanya jahe, cengkeh, kayu manis, bubuk kari, atau lada.

Bumbu-bumbu tersebut mampu membantu menyembunyikan bau atau rasa tak sedap dari daging kambing.

6. Marinasi dengan Nanas

Diet Nanas Bikin BB Turun 1 Kg Seminggu, Apa Aman untuk Kesehatan?Selain beberapa rempah-rempah, daging kambing juga bisa dimarinasi dengan nanas. Foto: Getty Images

Selain beberapa rempah-rempah, daging kambing juga bisa dimarinasi dengan nanas.

Potong nanas menjadi bagian yang lebih kecil atau bisa juga diparut agar teksturnya lebih halus. Lalu lumurkan nanas itu pada setiap sisi daging dan diamkan beberapa saat.

Daging kambing bisa didiamkan mulai dari 10 hingga 30 menit. Namun perlu diingat, proses marinasi daging kambing tidak boleh terlalu lama karena daging kambing mudah hancur.

7. Rebus Daging dengan Rempah-rempah

Cara yang lebih praktis untuk menghilangkan bau prengus yaitu dengan merebus daging. Daging bisa direbus tanpa campuran bumbu apapun atau bisa juga direbus dengan tambahan rempah-rempah.

Chef Stefu Santoso mengungkapkan bahwa daging kambing bisa direbus atau di 'blanching' satu hingga dua kali. Ketika merebusnya, bisa ditambah dengan sedikit garam agar daging tidak terlalu hambar.

"Mungkin di awal kita bisa melakukan blanching atau direbus dulu satu atau dua kali. Kambingnya saya kasih garam sedikit agar ada rasa sedikit." ucapnya kepada detikfood.

Setelah dibumbui dengan sedikit garam, daging bisa dimasukkan ke dalam didihan air yang sudah dicampuri jahe dan cengkeh. "Kemudian air didihkan kasih jahe dan cengkeh. Daging dimasukkan, diblanch untuk menghilangkan kotoran-kotoran, lalu diangkat," tambah Chef Stefu.


(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT