ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Es Kopi Jepang Sedang Populer, Ini Bedanya dengan Cold Brew

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 05 Jul 2022 08:00 WIB
Perbedaan cold brew dan es kopi jepang
Foto: Getty Images


3. Perbedaan Cold Brew dengan Es Kopi Jepang

Perbedaan cold brew dan es kopi jepangBiasanya cold brew memiliki rasa yang lebih kuat dan rendah asam. Sedangkan es kopi Jepang memiliki rasa yang lebih ringan dan bersih. Foto: Getty Images

Cold brew biasanya memiliki rasa yang kuat namun rendah asam. Cold brew juga bisa dibuat dengan konsentrasi air yang lebih sedikit atau rasio yang lebih kecil. Karenanya kopi ini bisa diolah menjadi beberapa minuman lain yang juga cocok dicampur dengan susu segar, almond milk, atau jenis susu lainnya.

Sedangkan es kopi ala jepang memang dibuat dengan tujuan dihidangkan langsung atau tidak untuk campuran. Ini disebabkan karena teknik yang sedikit berbeda membuat rasanya lebih ringan.

Secara teknik, baik cold brew maupun es kopi Jepang memiliki teknik brewing yang cukup berbeda. Cold brew menggunakan teknik seduh dingin yang bergantung pada temperatur suhu, seperti drip atau steeping. Ketika semakin mendekati suhu ruangan, maka eskstraksinya akan lebih cepat.

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kopi dengan metode steeping biasanya memakan waktu 6 sampai 24 jam. Sedangkan drip bisa menghabiskan waktu 3 hingga 6 jam tergantung jumlah air dan tetesan yang dilakukan.

Sementara es kopi Jepang yang menggunakan teknik pour over, drip, atau filter yang ditampung dalam wadah berisi es batu. Tanpa menunggu lama es kopi ala Jepang ini bisa diseduh langsung atau 'on the spot'.


(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT