ADVERTISEMENT

Tidak Dimasak,5 Sajian Ini Pakai Cumi dan Udang Hidup-hidup

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 03 Jul 2022 14:00 WIB
Cumi Hidup Disajikan Restoran Thailand, Kini Jadi Tren
Foto: TikTok @karake7
Jakarta -

Ada beberapa hidangan yang disajikan dari binatang masih hidup. Seperti cumi-cumi dan udang yang belakangan viral di Thailand. Ada juga gurita khas Korea.

Bahan makanan yang segar memang menjadi salah satu faktor penentu lezat atau tidaknya suatu masakan. Untuk itu perlu memerhatikan kondisi warna, aroma, serta tekstur bahan makanan sebelum dimasak.

Namun, bagaimana dengan hidangan yang terbuat dari binatang yang masih hidup? Belakangan ini, cukup banyak hidangan yang terbuat dari seafood hidup. Seperti udang dan cumi-cumi yang disajikan hidup dengan tambahan sambal di Thailand.

Ada juga makanan khas Korea bernama sannakji yang terbuat dari potongan gurita hidup. Meski disajikan dalam bentuk potongan, terkadang guritanya masih bergerak di dalam mulut.

Baca Juga: Di Depok Ada Kedai Kopi Rumah Limasan 300 Tahun, Ini Tampilannya

Berikut 5 makanan ekstrem yang terbuat dari bintang masih hidup.

1. Cumi Hidup Viral Thailand

Cumi Hidup Disajikan Restoran Thailand, Kini Jadi TrenCumi Hidup Disajikan Restoran Thailand, Kini Jadi Tren Foto: TikTok @karake7

Cumi-cumi merupakan hidangan laut (seafood) yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Rasanya nikmat dan bisa diolah menjadi beragam hidangan. Seperti cumi goreng, cumi saus tiram, hingga gulai cumi.

Tentu saja cumi-cumi biasanya disajikan matang. Berbeda dengan biasanya, belakangan restoran di Thailand banyak yang menyajikan hidangan cumi hidup.

Untuk menikmatinya, bagian kepala cumi-cumi harus dicelupkan ke dalam gelas berisikan sambal pedas. Cumi yang masih hidup itu akan mengeluarkan tintanya sampai mati, baru disantap.

2. Dancing Shrimp

Dancing Shrimp, Hidang Udang Hidup Berbumbu Populer di Thailand dan Laos.Dancing Shrimp, Hidang Udang Hidup Berbumbu Populer di Thailand dan Laos. Foto: TikTok @kissaeats

Tak hanya cumi-cumi yang masih hidup, tapi ada juga hidangan berbahan udang segar yang masih hidup di Thailand. Hidangan udang hidup ini kerap dikenal dengan nama kong ten atau goong ten. Kerap juga disebut sebagai 'dancing shrimp'.

Disebut sebagai 'dancing shrimp' karena udang yang masih hidup itu bergerak seperti menari. Banyak ditawarkan penjual jajanan kaki lima di Thailand dan Laos.

Udang hidup itu ditempatkan di akuarium berisikan air. Saat ada yang memesannya, udang diambil menggunakan jaring dan ditiriskan. Lalu dipindahkan ke wadah dan disajikan dengan aneka bumbu.

Baca Juga: Dancing Shrimp, Udang Hidup Berbumbu yang Populer di Thailand dan Laos



Simak Video "Berani Jajal Kue Cacing Ini?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT