ADVERTISEMENT

Segar Gurih Gado-gado

William Wongso Doyan Gado-gado, Ini 4 Rekomendasinya

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Jumat, 01 Jul 2022 13:00 WIB
William Wongso Doyan Gado-gado, Ini 4 Rekomendasinya
Foto: Instagram gadogadocemara
Jakarta -

Pakar kuliner Indonesia William Wongso mengaku pencinta gado-gado. Ia memberikan 4 rekomendasi gado-gado enak ala dirinya di Jakarta. Di mana saja lokasinya?

Sebagai pakar sekaligus konsultan kuliner Indonesia, William Wongso telah memiliki banyak pengalaman memperkenalkan makanan Indonesia ke luar negeri. Salah satu hidangan yang hampir selalu diperkenalkan adalah gado-gado.

Kepada detikfood (30/6), William Wongso bercerita gado-gado ia sajikan di luar negeri kalau ada alasan tertentu saja mengingat ada banyak makanan Indonesia lain yang biasanya turut diperkenalkan.

Penyajiannya pun khas. Biasanya pria 75 tahun ini hanya menyediakan gado-gado dalam menu prasmanan (buffet). "Umumnya lebih ke versi gado-gado Betawi. Bumbu kacangnya dipisah" katanya.

Untuk set menu, William Wongso jarang menyajikan gado-gado. "Kecuali pernah saya sajikan dalam bentuk gulungan yang dibalut selada, terus saya kasih bumbu kacang," katanya.

Dalam meracik gado-gado di luar negeri, biasanya William Wongso memakai kacang mede sebagai pengganti kacang tanah. "Mereka (orang luar negeri) kebanyakan alergi kacang tanah," sambungnya.

Gado-gado, Berawal dari Makan Racikan Salad Eropa Tanpa NasiMenurut William Wongso, gado-gado disukai oleh orang luar negeri, terutama para vegetarian. Foto: Getty Images/iStockphoto/Kadek Bonit Permadi

Soal rasa, gado-gado juga jadi primadona bagi orang luar negeri, khususnya para vegetarian. "Mereka suka gado-gado, apa lagi yang vegetarian," kata pria yang baru meraih penghargaan Lifetime Achievement Award dari Ubud Food Fest 2022 ini.

Secara personal, William Wongso juga sangat suka gado-gado. Menurutnya gado-gado yang enak adalah yang bumbunya 'medok'. "Ada pedas, manisnya, ada asamnya sedikit, ada gurihnya. Dan (bumbu) kacangnya harus lebih (gelap warnanya)... Aku nggak suka yang kacangnya pucat," katanya.

Ia adalah penggemar berat gado-gado siram ala Surabaya. "Karena aku orang Surabaya, aku sering-sering kangen gado-gado siram ala Surabaya yang dikasih santan, yang dimasak. Isi sayurannya kurang lebih sama dengan gado-gado Betawi," sambungnya.

Di Jakarta, William Wongso punya 4 rekomendasi gado-gado enak versinya. Di mana saja ya?

Baca halaman selanjutnya.



Simak Video "Pesan William Wongso untuk Kamu yang Ingin Berjualan di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT