7 Fakta Menarik Asal-usul Makanan, Ternyata Pasta Bukan dari Italia!

ADVERTISEMENT

7 Fakta Menarik Asal-usul Makanan, Ternyata Pasta Bukan dari Italia!

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 28 Jun 2022 11:00 WIB
Pasta dan Saus Pasta
Foto: iStock
Jakarta -

Banyak makanan identik dengan sebuah negara sehingga kerap dikira asli dari negara itu. Faktanya, makanan itu berasal dari negara lain. Salah satunya pasta yang ternyata bukan dari Italia!

Asal-usul atau sejarah makanan selalu menarik dibahas. Beberapa di antaranya memiliki fakta yang selama ini belum banyak orang tahu.

Seperti halnya makanan yang sudah sangat identik dengan sebuah negara. Kebanyakan orang lantas mengira makanan itu berasal dari negara tersebut.

Sebut saja pasta yang identik dari Italia, es krim yang kerap disangka dari Italia, hingga fish and chips yang dikira asli Inggris. Nyatanya tiga makanan itu berasal dari negara berbeda!

Mengutip Bored Panda (27/6), ini dia 7 fakta menarik sejarah makanan yang sering dikira dari sebuah negara:

1. Donat

Sering dikira dari Amerika Serikat, tepatnya New York, donat nyatanya bukan berasal dari negara adidaya itu. Donat aslinya dari Yunani!

Anggapan donat dari Amerika Serikat mungkin karena banyak merek donat populer di dunia berasal dari sana, seperti Dunkin' Donuts dan Krispy Kreme.

Sejarahnya, donat berasal dari Yunani. Tetapi bentuk awal donat bukan seperti yang dikenal sekarang di mana tengahnya berlubang, melainkan bola-bola kecil. Namanya loukoumades. Donat ini dilapisi madu hingga kacang walnut.

Konon loukoumades sudah ada sejak 776 sebelum masehi. Donat ini juga diklaim sebagai dessert tertua di dunia.

2. Es krim

7 Fakta Gelato, Arti Nama hingga Gelato Rasa ViagraFoto: Getty Images/iStockphoto/AnnaPustynnikova

Banyak orang mengira es krim dari Italia, padahal asalnya dari Mongolia. Es krim punya sejarah panjang dan menarik karena rupanya 'ditemukan' dari ketidaksengajaan.

Konon dulu penunggang kuda Mongolia terbiasa membawa kerbau atau susu yak melintasi gurun Gobi dalam wadah sebagai bekal, tetapi saat suhu turun dan mereka berlari kencang, susu akan membeku saat diaduk. Dari sinilah asal-usul es krik berawal.

Ketika kerajaan Mongol berkembang pada tahun 1200-an, popularitas es susu/krim baru meningkat. Sejarawan juga menyebut Marco Polo lantas memperkenalkan konsep es krim ke Italia pada akhir abad ke-13.

3. Croissant

Croissant sangat identik dengan Prancis, namun faktanya pastry terkenal ini berasal dari Austria, tepatnya Vienna.

Roti khas Austria, Kipfer disebut sebagai 'nenek moyang' croissant karena bentuknya serupa. Banyak sejarawan percaya bahwa pastry berbentuk bulan sabit ini berasal dari toko roti biara dan dipanggang sebagai bagian dari perayaan Paskah. Roti ini pertama kali disebutkan pada abad ke-12.

4. Churros

Resep Churros Saus CokelatFoto: iStock

Membicarakan negara asal churros, banyak orang langsung menyebut Spanyol. Faktanya jajanan renyah manis ini berasal dari China. Konon churros dibawa oleh bangsa Portugis pada abad ke-17 hingga akhirnya dikenal di Spanyol.

Churros kabarnya berawal dari kreasi youtiao di China yang juga menyebar ke Indonesia. Youtiao kemudian jamak disebut cakwe di sini. Adonan tepung yang digoreng ini kemudian mengalami penyesuaian bentuk hingga rasa di Spanyol, sampai akhirnya terciptalah churros yang umum dikenal sekarang.

Fakta sejarah makanan menarik lainnya ada di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT