10 Fakta Menarik Masakan China Selain Restonya Sering Tutup Hari Selasa

ADVERTISEMENT

10 Fakta Menarik Masakan China Selain Restonya Sering Tutup Hari Selasa

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 12 Jun 2022 15:00 WIB
Assorted Chinese food set. Chinese noodles, fried rice, dumplings, peking duck, dim sum, spring rolls. Famous Chinese cuisine dishes on table. Top view. Chinese restaurant concept. Asian style banquet
Foto: Getty Images/iStockphoto/thesomegirl
Jakarta -

Masakan China begitu populer di dunia. Tak hanya di negara asalnya, ramai-ramai orang dari berbagai negara ketagihan dengan cita rasa masakan China.

Jarang ada banyak masakan dari sebuah negara yang popularitasnya mendunia. Kalaupun ada, jumlahnya relatif sedikit karena tak semua orang di dunia memiliki selera serupa.

Tapi masakan China boleh dibilang istimewa. Masakan khas negeri Tirai Bambu ini banyak disukai oleh orang-orang di luar negara asalnya. Tak hanya di Asia, tapi juga hingga ke benua Eropa dan Amerika Serikat.

Salah satunya terbukti dari kehadiran banyak restoran China di benua itu. Restoran ini bahkan kerap jadi 'pilihan aman' bagi turis-turis berdarah Asia yang mau makan enak dan kenyang.

Masakan dan restoran China memiliki banyak fakta menarik di baliknya. Sebelumnya sempat populer fakta mengenai mengapa restoran China sering tutup hari Selasa?

Lalu ada juga fakta soal kenapa kebanyakan restoran China masih menggunakan sistem pembayaran tunai saja (cash only) di tengah kemajuan zaman? Hal ini ternyata erat kaitannya dengan keamanan bisnis restoran itu.

Fakta menarik apa lagi yang dimiliki masakan serta restoran China? Berikut detikfood merangkumnya dari China Admissions (18/9/2020):

1. Masakan China sangat sehat

Masakan tradisional China bisa dibilang sebagai salah satu masakan paling sehat di dunia. Kebanyakan masakan China harus dibuat fresh dengan komposisi banyak sayuran, daging hewan pemakan rumput saja, seafood, serta ragam herba dan rempah.

Bahan-bahan masakan China sering kali dipilih berdasarkan manfaat sehatnya. Orang China juga tergolong jarang mengonsumsi makanan kalengan atau beku.

2. Variasinya amat banyak

Ada pepatah yang mengatakan "Kamu tidak akan makan makanan yang sama sebanyak 2 kali di China!" Hal ini karena variasi masakan China yang sangat beragam.

China terdiri dari 34 provinsi dimana di tiap wilayah itu terdapat banyak kuliner khas. Selain itu, metode masak di China sangat beragam, dari dikukus, ditumis, direbus lama, dipanggang, dibumbui asam manis, dan banyak lainnya.

Fakta Hidangan ChinaMasakan China begitu bervariasi, termasuk dari segi pengolahannya. Foto: iStock

3. Delapan tradisi kuliner China

Dari sekian banyak masakan di China, para pakar makanan China telah mengidentifikasi 8 tradisi kuliner terbaik di sana. Kuliner ini dipandang memiliki kekuatan dan gaya yang unik.

Kedelapannya adalah masakan Anhui, Kanton, Fujian, Hunan, Jiangsu, Shandong, Sichuan dan Zhejiang. Sudah pernah coba?

4. Mie, nasi, dan sup jadi hidangan utama

Secara umum, masakan di China terdiri dari mie, nasi, dan sup. Meski olahannya bisa berbeda-beda antarwilayah, namun bahan pokoknya cenderung serupa.

5. Masakan tradisional China bebas produk dairy

Bagi penderita intoleran laktosa, fakta menarik masakan China ini penting kamu ketahui. Pasalnya masakan tradisional autentik China sangat jarang mengandung susu dan produk olahannya seperti krim, mentega, atau keju.

Meski begitu, saat kamu makan di kota-kota besar di China seperti Beijing dan Shanghai, mungkin ada paduan produk dairy di masakan mereka, tapi cenderung amat jarang.

Baca Juga: Ini Sebabnya Mengapa Banyak Restoran China Tutup Setiap Selasa

Fakta menarik soal masakan China dan restoran China masih ada di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT