Ini Sebabnya Mengapa Banyak Restoran China Tutup Setiap Selasa

Devi Setya - detikFood
Rabu, 13 Apr 2022 15:30 WIB
Restoran China Tutup Setiap Selasa
Foto: Getty Images/iStockphoto/amstockphoto
Jakarta -

Jika diperhatikan, beberapa restoran China tutup setiap hari Selasa. Ternyata ada alasan dari para pemilik restoran untuk memilih libur di hari Selasa.

Ragam makanan ala China terbukti disukai banyak kalangan. Tak heran kalau restoran China selalu dipenuhi pelanggan yang ingin menikmati aneka masakan dengan cita rasa gurih yang khas.

Kalau ingin makan di restoran China sebaiknya hindari hari Selasa karena beberapa restoran China, terutama yang legendaris, akan tutup di hari Selasa. Hal ini dijelaskan oleh seorang pengguna akun TikTok bernama Kim Chi.

Restoran China Tutup Setiap SelasaRestoran China Tutup Setiap Selasa Foto: Tiktok Kim Chi

Dilansir dari Yahoo! (13/4) Kim Chi adalah wanita yang keluarganya memiliki bisnis restoran China. Mulai dari kakek dan nenek hingga orangtuanya memiliki restoran China terkenal. Seluruh restoran ini akan tutup di hari Selasa.

Beberapa restoran milik keluarga Kim Chi berlokasi di Glasgow, Skotlandia. Dalam videonya, Kim mengatakan bahwa tradisi ini sudah berlangsung sejak lama. Tidak ada alasan yang jelas mengapa pemilik resto China menutup usahanya setiap Selasa.


"Tidak ada alasan konkret yang menjelaskan mengapa hari Selasa menjadi hari yang ditentukan untuk beristirahat dan berkumpul dengan keluarga dan kawan kawan," jelas Kim dalam video yang ia unggah Senin (11/4) ini.

Lebih lanjut, Kim mengatakan masyarakat China biasanya punya tradisi untuk kumpul bersama keluarga pada hari Selasa, bukan di akhir pekan seperti Sabtu atau Minggu. Itulah sebabnya mengapa restoran China tutup.

"Jadi restoran China diketahui tutup pada hari Selasa karena dulu sekali, banyak orang China yang saling mengatur waktu untuk bertemu. Jadi hari Selasa dipilih sebagai hari libur," kata Kim.

Video yang telah dilihat lebih dari 19.400 kali ini menarik banyak perhatian. Beberapa netizen setuju bahwa banyak restoran China yang tutup setiap Selasa.

Nenek dan kakek Kim diketahui memiliki restoran China Rainbow Chinese dan Happy Valley, dua restoran China di Glasgow. Kemudian orangtuanya juga adalah pemilik restoran The Wok King dan The Wok Star.

Meskipun kebanyakan restoran China tutup di hari Selasa, tetapi ada juga beberapa restoran yang memilih tutup di hari Senin atau Rabu.

"Itulah yang ayah saya jelaskan kepada saya," tambahnya. "Setiap hari adalah hari yang sibuk bagi mereka yang bekerja di restoran, Selasa menjadi hari libur dimana mereka dapat pergi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman."

Di Amerika Serikat, beberapa restoran China memilih untuk tutup pada hari Senin. Meskipun tidak ada alasan pasti mengapa pemiliknya memilih hari Senin, beberapa orang percaya ini ada hubungannya dengan keberuntungan. Hari Senin dianggap sebagai salah satu hari paling lambat dalam seminggu.

Restoran China Tutup Setiap SelasaRestoran China Tutup Setiap Selasa Foto: Getty Images/iStockphoto/amstockphoto

Sementara ada juga yang berpendapat bahwa restoran China lokal tidak bisa menerima pengiriman produk segar pada hari Minggu, itulah sebabnya restoran tutup di hari Senin karena stok bahan baku yang kosong.

Setiap orang mengemukakan alasannya masing-masing. Bahkan ada yang mengungkapkan bahwa hal ini berkaitan dengan mitos.

Seorang netizen yang mengaku keturunan China, menjelaskan: "Itu karena kami orang Tionghoa sangat percaya mitos dan menurut legenda ini, naga datang ke restoran kami untuk makan pada hari Selasa!" kata netizen.



Simak Video "Restoran China di Hotel Karawang"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)