Resto China Berusia 60 Tahun Ini Harus Tutup, Pelanggan Beli Alat Makan untuk Kenangan

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 22 Mar 2022 12:11 WIB
Resto China 60 Tahun di Singapura Tutup
Foto: Facebook Choon Seng
Jakarta -

Restoran China legendaris di Singapura berat hati mengumumkan harus tutup dikarenakan sepi pembeli. Para pelanggan setia membeli alat makan sebagai kenangan.

Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama 3 tahun ini membuat banyak sektor merugi. Salah satunya sektor kuliner yang terkena imbas. Banyak dikabarkan restoran yang tutup karena sepi pembeli dan pendapatan mereka tak dapat menutupi biaya operasional.

Tak hanya restoran yang baru memulai bisnis mereka, tapi juga restoran-restoran legendaris. Seperti halnya restoran Chinese food yang ada di Singapura satu ini.

Dilansir dari Asia One (17/3), restoran bernama Choon Seng ini termasuk yang legendaris di Singapura. Restoran ini berdiri sejak 1960-an yang artinya sudah berusia sekitar 60 tahunan.

Baca Juga: Ramen For The Soul: Sluuurp! Gurih Semerbak Ramen Berkuah Matcha

Restoran Choon Seng merupakan restoran keluarga yang menawarkan aneka makanan khas China. Menu andalannya adalah hidangan klasik berupa udang goreng sereal dan kepala ikan kukus yang disajikan bersama saus asam manis dan nanas.

Resto China 60 Tahun di Singapura TutupResto China 60 Tahun di Singapura Tutup Foto: Facebook Choon Seng

Dikabarkan oleh Shin Min Daily, restoran Choon Seng akan tutup secara resmi pada akhir Mei ini. Banyak pelanggan setia yang telah mendengar kabar ini dan mereka membeli alat makan restoran itu sebagai kenang-kenangan.

Putri pendiri Choon Seng menjelaskan alasan mengapa restoran ini harus tutup. Ia mengungkapkan kalau sebenarnya penutupan restoran adalah keputusan yang sulit.

Dikarenakan adanya masalah pada keuangan dan operasional yang menurun. Meski sudah buka setiap hari, nyatanya tak berhasil menutupi biaya operasional. Alasan lainnya karena krisis tenaga kerja.

Resto China 60 Tahun di Singapura TutupResto China 60 Tahun di Singapura Tutup Foto: Facebook Choon Seng

Baca Juga: Heboh! Restoran Tawarkan Menu Kari Moncong Buaya, Ini Faktanya

"Kami sudah berusaha untuk tidak menyalakan AC selama sebulan untuk menghemat tagihan listrik. Tetapi, pandemi belum mereda dan sangat sulit untuk kami melanjutkan bisnis restoran," keluh putri pemilik Restoran Choon Seng.

Resto China 60 Tahun di Singapura TutupResto China 60 Tahun di Singapura Tutup Foto: Facebook Choon Seng

Untuk menunjukkan rasa cinta dan dukungan mereka kepada restoran Choon Seng, pelanggan setia membeli peralatan makan restoran sebagai cinderamata. Alat makan yang dijual di antaranya ada mangkuk bergaya retro dengan motif ayam ikonik dan juga mangkuk untuk penyajian sup. Pihak restoran menjualnya dengan harga mulai dari S$ 2 (sekitar Rp 21.000).

Baca Juga: Duh! Penjual Somtam Ini Jadi Sorotan karena Terlalu Seksi



Simak Video "Puluhan Ribu Pengunjung Serbu Festival Baso Aci Garut 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)