5 Fakta Menarik Soal Konsumsi Makanan di Dunia Ini Jarang Diketahui

ADVERTISEMENT

5 Fakta Menarik Soal Konsumsi Makanan di Dunia Ini Jarang Diketahui

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 27 Jun 2022 11:00 WIB
Fakta Unik Makanan Tradisional Dunia
Foto: Getty Images
Jakarta -

Makanan menjadi bagian dari identitas budaya sebuah wilayah atau negara. Ada banyak fakta menarik soal konsumsi makanan di dunia. Simak informasinya yuk!

Negara-negara di dunia memiliki fakta menarik tersendiri tentang makanan yang dikonsumsinya. Mulai dari sejarah makanan, cara menikmati, waktu konsumsi, hingga beberapa kebiasaan makan masyarakatnya.

Selain itu beberapa masyarakat di dunia juga sering mengonsumsi hidangan aneh serta punya kebiasaan makan yang sama setiap harinya. Seperti makan hidangan mematikan hingga makan sandwich setiap hari.

Mungkin fakta-fakta tersebut terdengar aneh sekaligus unik, tetapi nyatanya mereka memang melakukan hal ini sebagai bagian dari rutinitas yang kemudian menjadi budaya.

Dirangkum dari mentalfloss.com (15/06/2016), berikut 5 fakta unik konsumsi makanan di dunia yang belum banyak diketahui:

1. Orang Italia Baru Makan Tomat pada Abad ke-16

Fakta Unik Makanan Tradisional DuniaBanyak hidangan Italia seperti pizza identik dengan penggunaan saus tomat sebagai pelengkap rasa. Ternyata saus tomat ini baru dikonsumsi orang Italia pada abad ke-16. Foto: Getty Images

Banyak hidangan Italia seperti pizza identik dengan penggunaan saus tomat sebagai pelengkap rasa. Ternyata saus tomat ini baru dikonsumsi orang Italia pada abad ke-16.

Tomat diimpor dari Amerika mulai awal tahun 1500an. Orang Italia menganggap bahwa tomat adalah makanan beracun dan hanya bisa digunakan sebagai penghias makanan. Tetapi beberapa chef di Italia akhirnya bereksperimen dengan tomat, sampai akhirnya tomat populer di Italia pada abad ke-17.

2. 49% Persen Orang Amerika Makan Sandwich Setiap Hari

Amerika Serikat adalah negara dengan sejuta makanan. Jika datang ke Amerika, pastinya kamu akan menemukan pilihan makanan yang sangat komplit.

Tetapi sayangnya, orang Amerika ternyata lebih memilih makan sandwich dibandingkan hidangan lainnya. Menurut studi tahun 2014, rata-rata 49 persen orang Amerika berusia di atas 20 tahun makan satu sandwich setiap hari.

Tetapi ternyata sandwich tidak begitu disukai selama perang revolusi. Banyak orang Amerika yang menghindari untuk makan sandwich. Barulah saat sandwich masuk ke Amerika tahun 1815, banyak masyarakat Amerika yang menyukainya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT