ADVERTISEMENT

Cari Makanan di Tempat Sampah, Perawat Ini Punya Alasan Mulia

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 25 Jun 2022 11:00 WIB
Wanita cari makan di tempat sampah demi tujuan mulia
Foto: TikTok @jillian_rn4
Jakarta -

Wanita yang mengaku perawat ini viral di media sosial karena kebiasaan makannya. Ia akan mencari makanan di tempat sampah. Bukan karena dirinya tak mampu, tapi karena alasan mulia ini.

Keadaan dunia yang sedang tidak baik-baik saja akibat pandemi Covid-19 hingga inflasi membuat banyak orang hidup sulit. Banyak dari mereka harus mengatur pengeluaran agar lebih hemat.

Tetapi meski harus menghabiskan lebih sedikit uang, masih banyak orang di dunia ini masih terus membuang makanan. Hal ini menimbulkan masalah yaitu meningkatnya volume sampah makanan.

Melansir nypost.com (22/06), seorang perawat bernama Jillian memutuskan untuk mengambil tindakan tak biasa. Dengan tujuan mengurangi sampah makanan, wanita 29 tahun ini memilih untuk makan dari makanan sisa yang berada di tempat sampah.

Sehari-harinya wanita asal Vancouver, Canada ini secara rutin membagikan perjalanannya untuk menemukan 'harta karun' yang ditemukan di tempat sampah. "Ketika orang-orang melihat bahwa saya seorang perawat, mereka menyadari bahwa saya memiliki penghasilan yang sangat baik, saya dapat membeli bahan makanan sendiri," katanya.

Tapi ia mengaku memiliki perhatian khusus pada masalah sampah makanan. Selain sudah menerapkan prinsip 'zero waste', dirinya memilih 'dumpster diving' dimana ia bakal mencari-cari makanan layak konsumsi di tempat sampah.

"Sepertinya tidak tepat untuk pergi dan membeli makanan baru jika ada makanan yang benar-benar enak, yang belum terjamah di tempat sampah hanya menunggu saya," katanya.

Pada suatu video terlihat dirinya sedang mengobrak-abrik tempat sampah untuk mencari makanan. Jillian membungkuk sebelum akhirnya menyelam masuk ke bak sampah besar. Video tersebut pun sampai heboh di sosial media TikTok dan telah ditonton lebih dari 4,4 juta kali.

Wanita cari makan di tempat sampah demi tujuan muliaWanita ini sedang mengobrak-abrik tempat sampah untuk mencari makanan. Jillian membungkuk sebelum akhirnya menyelam masuk ke bak sampah besar. Foto: TikTok @jillian_rn4

Jillian mengaku bahwa makanan yang dia temukan dalam tempat sampah ternyata membuatnya lebih sehat. "Sejak saya mulai mencari makanan di tempat sampah, saya sebenarnya berpikir bahwa saya makan lebih sehat dari sebelumnya," ungkap perawat itu.

Ini karena Jillian paling sering menemukan buah yang terbuang karena dianggap 'terlalu matang'. Meskipun buah tersebut sedikit busuk, tetapi Jillian merasa buah itu masih segar. Wanita ini pun akhirnya membuat smoothie setiap hari dari buah-buahan yang terbuang sia-sia itu.

Wanita cari makan di tempat sampah demi tujuan muliaJillian paling sering menemukan buah yang terbuang sehingga dirinya sering membuat smoothie dari buah-buahan itu. Foto: TikTok @jillian_rn4

Beberapa makanan sisa yang ditemukan oleh Jillian di tempat sampah juga diolah menjadi sebuah hidangan baru. Ia pernah menemukan potongan kembang kol yang masih dingin di tempat sampah. Dirinya pun memiliki ide untuk membuat pizza dari potongan kol itu.

Aksi yang dilakukan oleh Jillian mengundang reaksi netizen. Beberapa netizen merasa jijik dengan apa yang dilakukannya. "Inilah alasan mengapa aku tidak makan di rumah orang," ungkap salah satu netizen. Netizen lain ikut berkomentar, "Faktanya makanan itu dari tempat sampah yang dimana banyak tikus dan segala kotoran di sana."

Tapi ada juga netizen yang mendukung Jillian. Mereka berpihak kepada perawat ini karena faktanya memang benar banyak restoran yang membuang bahan makanan yang bahkan tidak kedaluwarsa.

Netizen yang setuju mengungkapkan, "Saya bekerja di toko kelontong dan kami dengan jujur membuang barang-barang yang bahkan tidak kedaluwarsa atau tidak buruk."

Memang aksi yang dilakukan oleh perawat ini memiliki tujuan yang baik. Namun sepertinya jika Jillian terlalu sering mengonsumsi makanan dari tempat sampah, itu akan berisiko untuk kesehatannya. Bukan tidak mungkin itu sudah terkontaminasi bakteri atau kotoran lain.



Simak Video "Masak Masak: Otak-otak Ikan Tongkol Super Endol"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT