ADVERTISEMENT

Ikan Penis Diolah Jadi Gaebul, Kuliner Ekstrem Korea yang Kenyal Gurih

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Sabtu, 25 Jun 2022 13:00 WIB
Ikan Penis Diolah Jadi Gaebul, Kuliner Ekstrem Korea yang Kenyal Gurih
Foto: Getty Images/iStockphoto/Im Yeongsik
Jakarta -

Terdamparnya ribuan ikan penis di pantai pernah membuat warga California, AS heboh. Rupanya ikan ini jadi salah satu kuliner ekstrem di Korea Selatan yang punya banyak penggemar.

Nama ikan penis disematkan karena jenis hewan laut ini mirip alat kelamin pria. Ikan penis punya nama ilmiah Urechis unicinctus yang sejatinya termasuk spesies cacing sendok.

Ikan penis pernah begitu menghebohkan warga sekitar Pantai Drakes, California, Amerika Serikat (AS) pada akhir 2019. Pasalnya ribuan jenis ikan ini terdampar di tepi pantai.

Ilmuwan menduga fenomena ini terjadi lantaran rusaknya tempat tinggal mereka. Penyebab lain yang mungkin adalah kondisi cuaca buruk.

Ikan Penis Diolah Jadi Gaebul, Kuliner Ekstrem Korea yang Kenyal GurihIkan penis punya bentuk unik menyerupai alat kelamin pria. Foto: Getty Images/iStockphoto/Im Yeongsik

Baca Juga: Fenomena Ribuan Ikan Penis Terdampar yang Menggemparkan

Sejak saat itulah ikan penis semakin dikenal orang-orang. Baru banyak juga orang tahu kalau ikan penis termasuk kuliner ekstrem di Korea Selatan.

Olahannya bernama gaebul yang secara harfiah dalam bahasa Korea berarti "penis anjing". Gaebul tergolong kuliner ekstrem di Korea Selatan karena disajikan mentah layaknya sashimi di Jepang.

Mengutip Travel Food Atlas (12/4/2021), gaebul banyak ditangkap di pantai bagian Barat dan Barat Daya negara itu. Hal ini lantaran wilayah tersebut lebih berlumpur dibandingkan di wilayah Laut Timur.

Secara tradisional ikan penis disajikan mentah dengan cara diiris-iris. Ikan penis yang terkadang masih menggeliat ini disajikan bersama saus gurih berbahan minyak wijen dan garam. Ada juga saus pedas asam yang diracik dari cuka dan pasta cabe Korea gochujang).

Baca Juga: Drama Korea 'Hometown Cha-Cha-Cha' Hadirkan Kepiting Salju hingga Hoe

Untuk menyiapkannya, ikan penis perlu dikeluarkan dulu ususnya. Biasanya proses ini mengeluarkan banyak darah sehingga membuat beberapa orang enggan mengolahnya sendiri.

Ikan Penis Diolah Jadi Gaebul, Kuliner Ekstrem Korea yang Kenyal GurihIkan penis diolah jadi gaebul di Korea Selatan yang disajikan mentah dan rasanya kenyal gurih. Foto: Getty Images/iStockphoto/Im Yeongsik

Kalau mau membelinya, gaebul banyak dijual di restoran, bahkan di penjual kaki lima di Korea Selatan. Salah satu tempat terkenal untuk membelinya adalah Pasar Ikan Noryanjin di Seoul.

Lantas bagaimana sensasi menyantap ikan penis? Situs Sunny Side Circus (24/6/2022) mengungkap tekstur ikan penis sangat kenyal begitu dikunyah. Soal rasa, ikan penis cenderung netral saat masuk ke mulut.

Namun begitu digigit, tercecap rasa sedikit amis dan asin. Beberapa orang menyebutnya mirip kerang. Ada juga sentuhan rasa manis ketika ikan penis dibilas dengan air laut.

Konon jika restoran mengolah dengan mencucinya menggunakan air keran (bukan air laut), rasa manis itu akan hilang. Selain disajikan mentah seperti sashimi, ikan penis juga kerap dipanggang dengan tusukan seperti sate. Tertarik coba?

Baca Juga: Berani Coba? 5 Makanan Ekstrem dan Kontroversial dari Korea Selatan



Simak Video "Rekomendasi Jajanan Korea Favorit Kimbab Family"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT