ADVERTISEMENT

Lezatnya Kuliner Betawi

Aduh Enaknye! 5 Makanan Khas Betawi Ini Tercatat di TasteAtlas

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 21 Jun 2022 19:00 WIB
Aduh Enaknye! 5 Makanan Khas Betawi Ini Tercatat di TasteAtlas
Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008
Jakarta -

Situs kuliner TasteAtlas mengeluarkan panduan berisi makanan tradisional yang harus dicoba saat di Jakarta. Tentu saja daftar ini juga diisi makanan khas Betawi yang nikmat ini.

TasteAtlas merupakan situs wisata dan kuliner yang mengulas seputar makanan tradisional, resep lokal, hingga restoran autentik di dunia. Situs asal Kroasia ini juga memasukkan banyak konten seputar kuliner Indonesia.

Semua daftarnya menarik disimak karena turut mencantumkan rekomendasi tempat menikmatinya. Jenis makanan yang disarankan juga beragam sehingga bisa jadi inspirasi bagi turis, terutama turis asing, saat hendak mengunjungi Indonesia.

Untuk kategori makanan tradisional yang harus dicoba di Jakarta, TasteAtlas (12/2/2021) merangkumnya berdasarkan rekomendasi para profesional di bidang kuliner. Daftar ini memuat banyak makanan, termasuk makanan khas Betawi.

Ini dia 5 makanan khas Betawi yang tercatat di TasteAtlas:

1. Soto Betawi

Aduh Enaknye! 5 Makanan Khas Betawi Ini Tercatat di TasteAtlasFoto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Di urutan-urutan atas ada soto betawi yang dideskripsikan TasteAtlas sebagai sup berisi potongan daging dan jeroan sapi yang dimasak perlahan dalam kuah santan. Soto betawi juga diberi banyak rempah seperti sereh, kunyit, lengkuas, daun jeruk, hingga ketumbar.

Penyajian soto betawi dilengkapi tomat, daun bawang, dan emping. "Berasal dari kalangan orang Betawi, saat ini soto betawi menjadi salah satu hidangan paling populer di kota itu (Jakarta). Soto betawi secara tradisional dinikmati dengan nasi dan acar disampingnya," kata TasteAtlas.

Pihaknya merekomendasikan soto betawi enak ada di Soto Betawi Haji Husein, Soto Betawi H. Ma'ruf Soto Haji Darwasa, Kafe Betawi, dan Soto Jakarta Pak Haji Yus. Tiap soto betawi di tempat ini memiliki ciri khas dan kenikmatan masing-masing.

2. Gado-gado

Aduh Enaknye! 5 Makanan Khas Betawi Ini Tercatat di TasteAtlasFoto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Gado-gado merupakan salad tradisional Indonesia yang terdiri dari ragam sayuran, telur, tempe, dan tahu. Semuanya dinikmati dengan siraman saus kacang dan pelengkap kerupuk.

TasteAtlas mencatat gado-gado sudah ada sejak abad 16 dan merupakan 'wajah' makanan kaki lima Indonesia. "Sausnya secara tradisional dibuat dengan kacang mete, tapi karena harganya lebih murah dan ketersediaannya lebih banyak, kacang tanah lebih banyak dipakai belakangan ini," sebut TasteAtlas.

TasteAtlas turut mencantumkan 5 tempat makan gado-gado terbaik di Jakarta. Kelimanya adalah Gado-Gado Bon-Bin, Gado-Gado Cemara, Gado-Gado Direksi, Gado-Gado Boplo, dan Gado-Gado AA.

3. Nasi Uduk

Aduh Enaknye! 5 Makanan Khas Betawi Ini Tercatat di TasteAtlasFoto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Makanan khas Betawi lain yang tercatat dalam TasteAtlas adalah nasi uduk. Olahan nasi gurih bersantan ini disebut pulen, wangi, dan biasanya diberi topping taburan bawang goreng.

Nasi uduk juga tergolong menu lengkap karena disajikan bersama ragam lauk seperti semur daging, ayam goreng, bihun, telur, tempe, tahu, hingga ikan teri goreng. "Sambal atau sambal kacang adalah 'condiment' paling umum untuk disajikan bersama nasi uduk," lanjut TasteAtlas.

Mau cicip nasi uduk enak? TasteAtlas merekomendasikan Nasi Uduk Kebon Kacang Zainal Fanani, Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati, Nasi Uduk Gondangdia, Nasi Uduk Kota Intan, dan Kafe Betawi. Khusus untuk nasi uduk Betawi, ciri khasnya adalah berporsi mungil dan dibalut daun pisang.



Simak Video "Bikin Laper: Manjakan Lidah dengan Aneka Masakan Betawi di Serpong"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT