Huahh! Pedas Segar Sambal Setan ala Betawi Racikan Bang Udin

ADVERTISEMENT

Sambal Setan Super Pedas

Huahh! Pedas Segar Sambal Setan ala Betawi Racikan Bang Udin

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 12 Jun 2022 12:00 WIB
Sambal Setan Bang Udin
Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Makan ayam goreng terasa kurang lengkap tanpa cocolan sambal. Di warung ini ada racikan sambal setan yang super pedas ala Betawi.

Bagi orang Indonesia, makan kurang lengkap tanpa sambal. Sensasi pedas dan panas pada sambal dirasa bisa meningkatkan nafsu makan. Semakin pedas, maka akan semakin nikmat.

Bahkan saking pedasnya sampai diberi julukan 'sambal setan' seperti yang ditawarkan di warung bernama Sambel Setan Bang Udin. Lokasinya berada di kawasan Pondok Aren, Tangerang.

Kepada detikcom (08/06) Uci selaku pengelola warung mengatakan bahwa Sambel Setan Bang Udin sudah ada sejak 2016. Kini warungnya sudah memiliki beberapa cabang.

Baca Juga: Pedas Mampus! 5 Ayam Sambal 'Setan' yang Bikin Bibir Dower

Sambal Setan Bang UdinPenyajian menu makanan di Sambal Setan Bang Udin Foto: detikcom/Riska Fitria

"Dan sekarang udah punya sekitar 13 cabang. Ada di Parung, Sawangan, Condet, Tangerang. Tangerang ada dua, ada yang di Jalan Hamka dan di sini Jalan Jombang," tutur Uci.

Uci menuturkan bahwa Sambel Setan Bang Udin mengusung konsep makanan rakyat khas Betawi. Karenanya jenis sambal yang ditawarkan pun merupakan racikan ala Betawi.

"Kita racikannya sambal Betawi, sambal dari cabai-cabai mentah dan terasi," tuturnya.

Racikan sambalnya terbuat dari cabai merah, cabai rawit, tomat, terasi dan penyedap seperti garam dan gula. Sambalnya beraroma segar dan aroma tomatnya cukup kuat.

Baca Juga: Waroeng Tiki Taka: Gigitan Pedas Sambal Terasi Pelengkap Ayam Goreng

Sambal Setan Bang UdinSambal Setan Bang Udin Foto: detikcom/Riska Fitria

Sambal tersebut cocok dinikmati dengan aneka lauk goreng-gorengan. Mulai dari ayam goreng, ikan nila, ikan lele, usus, ikan asin dan sayur asem. Semua menu itu dijajakan prasmanan di meja.

Jadi, pengunjung bisa ambil pesanan sendiri baru kemudian diberikan ke pelayan untuk dimasak. Sementara untuk area makannya berada di dalam sambil duduk lesehan beralaskan tikar.

Kami memesan lauk ayam goreng (Rp 13.000), ikan nila (Rp 20.000) dan ikan peda asin (Rp 8.000). Bumbu ungkepnya terasa gurih dan harum.

Untuk menu pelengkap kami memesan sayur asem yang berisi labu, jagung, nangka dan melinjo. Rasanya segar dan cocok dipadukan dengan sambal setan.

Sambal Setan Bang UdinMenu-menu yang ditawarkan di Sambal Setan Bang Udin Foto: detikcom/Riska Fitria

Aneka sate-satean, tempe, tahu dan lalapan juga tersedia di sini. Nah, untuk lalapan pengunjung bisa ambil sepuasnya. Lalapan dan sambal setan racikan Bang Udin ini sukses bikin nagih.

Uci mengatakan bahwa dalam sehari, warung Sambel Setan Bang Udin bisa menghabiskan cabai sebanyak 5-9 kilogram. Warung ini bahkan pernah didatangi beberapa publik figure.

"Ada Denny Cagur, Sulis, food vlogger Farida Nurhan juga pernah ke sini tapi yang di cabang Hamka di sana," tuturnya.

Bagi yang penasaran, warung Sambel Setan Bang Udin ini buka setiap hari. Mulai dari pukul 14.00 hingga Rp 23.00.

Baca Juga: Huaah! Pedas Menyengat Ragam Makanan dengan Sambal Setan



Simak Video "Menu Sambal Setan Ini Harganya Mulai Rp 1.000, Mau?"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT