Pedas Mampus! 5 Ayam Sambal 'Setan' yang Bikin Bibir Dower

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 09 Jan 2022 12:00 WIB
Ayam Penyet Cabe Ijo Aa Sipit Viral di Grand Indonesia. Sehari Bisa Habiskan 50 Kg Cabai Rawit Hijau dan 1.000 Potong Ayam. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Selain seblak yang terkenal dengan sengatan pedasnya, banyak ayam penyet hingga ayam goreng ditawarkan dengan racikan sambal 'setan'. Pedasnya bikin bibir kepanasan!

Menu makanan sederhana seperti ayam goreng dengan ulekan sambal tentunya bikin nafsu makan bertambah. Selain mudah ditemukan, ayam goreng dengan sambal ini sudah jadi makanan favorit banyak orang karena harganya yang terjangkau.

Kunci kelezatan ayam goreng ini tak hanya menggantungkan rasa dari ungkepan bumbunya saja, tapi juga dari sambalnya yang bikin orang nagih. Pedasnya super sampai-sampai bikin bibir dower.

Berikut 5 tempat makan ayam super pedas yang seharinya bisa menghabiskan puluhan kilogram cabe rawit:

Baca Juga:Tersengat Pedasnya Sambal Rawit Setan 'Ngondek' yang Bikin Jontor" selengkapnya


1. Ayam Cabe Ijo Aa Sipit

Ayam Penyet Cabe Ijo Aa Sipit Viral di Grand Indonesia. Sehari Bisa Habiskan 50 Kg Cabai Rawit Hijau dan 1.000 Potong Ayam.Ayam Penyet Cabe Ijo Aa Sipit Viral di Grand Indonesia. Sehari Bisa Habiskan 50 Kg Cabai Rawit Hijau dan 1.000 Potong Ayam. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Belakangan banyak ayam penyet yang menggunakan cabai rawit hijau untuk sambalnya. Salah satu warung ayam penyet cabe ijo ini bahkan viral di media sosial. Namanya Ayam Penyet Cabe Ijo Aa Sipit yang lokasinya di kawasan kuliner kaki lima antara Grand Indonesia dan Plaza Indonesia. Warung ayam penyet ini tepat berada di tengah jalan putaran mobil.

Walaupun baru buka, tapi warung Ayam Penyet Cabe Ijo Aa Sipit langsung diserbu para pelanggannya. Harus menunggu lama sampai ayam penyet siap disajikan, mereka rela mengantre. Semejak viral tak hanya jumlah ayamnya saja yang mengalami lonjakan permintaan, tapi juga cabai rawit hijau untuk sambal ayam penyet. Bahkan dalam sehari warungnya bisa menghabiskan 50 kilogram cabai rawit hijau.

Hanya ada satu menu yang ditawarkan oleh Ayam Penyet Aa Sipit yaitu ayam penyet cabe ijo. Ada juga lauk pelengkap lainnya seperti tahu dan tempe goreng, sate usus, ati ampela, ceker ayam, dan kepala ayam. Harganya dari Rp 14.000 - Rp 18.000 saja. Untuk kepedasannya jangan diragukan, dijamin bikin bibir dower.

2. Ayam Pak Gembus

Ayam Pak GembusAyam Pak Gembus Foto: detikFood

Ayam Gepuk Pak Gembus adalah salah satu gerai ayam gepuk populer. Cabangnya bahkan sudah ada ratusan yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, bahkan sampai Malaysia.

Ayam Gepuk Pak Gembus dikenal dengan racikan sambalnya yang terbuat dari campuran kacang. Rasanya yang pedas dan gurih membuat siapa saja ketagihan ketika mencobanya. Bahkan pembeli bisa request tingkat kepedasan sesuai selera, mulai dari 5 cabe rawit sampai 100 cabe rawit.

Terdapat banyak paket yang ditawarkan di Ayam Gepuk Pak Gembus. Biasanya terdiri dari menu pelengkap seperti tahu tempe, lalapan, terong dan sate-satean. Harganya kisaran antara Rp 20.000 - Rp 30.000.

3. Sambel Setan Ngondek

Sambal Setan Ngondek GandariaSambal Setan Ngondek Gandaria Foto: Istimewa

Untuk penggemar kuliner sambal 'setan', ada warung tenda spesial sambal yang menyajikan sambal super pedas dengan pelayan 'ngondek' yang menghibur. Dibuka sejak 2014, Sambel Setan Ngondek di wilayah Gandaria, Jakarta Selatan, punya ciri khas yang unik. Mengusung konsep 'ngondek' atau kemayu, beberapa pelayan di sini sigap melayani pengunjung dengan godaan ngondek. Mereka bahkan pakai seragam pink cerah.

Meski hanya warung tenda sederhana, tapi tempat makan ini selalu dipenuhi pelanggan setia yang sudah jatuh cinta dengan racikan sambel ekstra pedas di sini. Untuk menu andalannya, ada sambal setan yang terdiri dari ratusan cabai tanpa tomat, yang sebelumnya digoreng kemudian diulek hingga halus. Setelah sambal sudah jadi, sambal biasanya disajikan dengan jagung dan labu siam rebus.

Pokoknya kalau makan di sini pasti keringetan, karena sambal ngondek ini sangat pedas. Untuk kisaran harga menu makanan yang ada di sini, berkisar dari Rp 10.000 ribu saja.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Paduan Sempurna Aneka Lauk dengan Sambal Setan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com