ADVERTISEMENT

7 Fakta KFC dan Kolonel Sanders yang Sukses Jual Ayam Goreng

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 21 Jun 2022 11:30 WIB
Fakta Menarik dibalik Suksesnya Restoran KFC
Foto: Getty Images

3. Sanders menyulap gudang kecil jadi restoran pertamanya

Sebelum Sanders menggunakan keterampilannya untuk membuat ayam, pria ini telah melalui beberapa pekerjaan sebagai buruh tani, kondektur trem, dan lain sebagainya.

Ketika pada tahun 1930-an, Sanders yang sedang menjalankan bengkel memiliki ide untuk KFC. Beberapa pelanggan mengeluh bahwa tidak ada makanan enak di sekitar bengkel tersebut.

Namun ternyata ocehan beberapa pelanggan telah membuatnya bersemangat untuk kembali ke dunia memasak. Akhirnya dia mengubah gudang kecil menjadi restoran kecil yang menyediakan burger, ham, kentang, dan pastinya ayam goreng.

4. KFC disebut sebagai makanan yang "Enak Sekali"

Fakta Menarik dibalik Suksesnya Restoran KFCSlogan "finger lickin' good" dicetak dalam ember ayam goreng kertas milik KFC. Foto: Getty Images

Kata-kata ini muncul karena adanya suatu iklan yang membuat mereka mengatakan ayam KFC "sangat enak." Hal itu menjadi suatu awalan yang baik dan ternyata sampai dijadikan slogan sebagai bentuk pemasaran mereka.

Tak lama kemudian, slogan "finger lickin' good" tersebut juga sampai dicetak dalam ember ayam goreng kertas milik KFC

5. Pendiri Wendy's berjasa di tahun-tahun awal KFC

Ternyata ada sosok yang membantu dalam meraih kesuksesan KFC. Seseorang itu adalah Dave Thomas yang telah membantu dalam menciptakan ember ayam KFC.

Dave Thomas adalah karyawan yang berperan penting dalam menyalurkan ide kreatif untuk ember ayam bergaris merah putih yang ikonik.

Selain ember, pendiri Wendy's ini juga menyumbangkan ide untuk menu yang disederhanakan, dan papan nama ember ayam yang bisa diputar.

Sosok ini juga yang mendorong Sanders untuk tampil menjadi ikon dan iklan dalam merek ini. Thomas yang tadinya hanya karyawan menjadi seorang pemilik makanan cepat saji lainnya.

6. Nama restoran KFC diubah demi berhemat

Fakta Menarik dibalik Suksesnya Restoran KFCAwalnya restoran ini memiliki nama Kentucky Fried Chicken. Tetapi nama tersebut telah ditetapkan sebagai KFC.Foto: Getty Images

Jika seseorang ingin melakukan bisnis kulinernya, ternyata yang dibutuhkan bukan hanya sekedar nama saja tetapi hal lain juga harus dipertimbangkan seperti lisensi.

Awalnya perusahaan ini memiliki nama Kentucky Fried Chicken. Tetapi nama tersebut telah ditetapkan sebagai KFC secara resmi.

Alasan dibalik namanya yang diganti, ini karena pada tahun 1990, Commonwealth of Kentucky, mengatakan bahwa jika KFC terus menggunakan nama aslinya, maka mereka akan membayar lisensi. Sehingga namanya pun dipersingkat hingga saat ini.

7. Kolonel Sanders benci restorannya setelah dijual

Senders menjadi seseorang yang banyak menghasilkan uang jutaan dari menjual ayam goreng KFC. Tetapi tidak butuh waktu lama baginya untuk menyesali keputusan menjual KFC.

Hal ini didasari karena Sanders pernah berkunjung ke salah satu gerai KFC. Dia pun mencicipi makanan ini dan mengatakan bahwa ayam goreng itu adalah yang terburuk.

Bahkan setelah Sanders menjual bisnisnya ini, dia masih menjadi ikon makanan KFC. Sehingga ketika seseorang lewat, mereka akan mengenalinya dan akan mengeluh tentang makanan KFC ke Sanders.


(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT