ADVERTISEMENT

7 Sejarah Menu Fast Food Terkenal Sejak 1946, Burger hingga Donat

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 07 Jun 2022 16:00 WIB
7 Sejarah Menu Fast Food Terkenal Sejak 1946, Burger hingga Donat
Foto: Lovefood via MSN
Jakarta -

Sejarah makanan selalu menarik disimak, termasuk menu-menu dari restoran fast food terkenal. Mulai dari kentang goreng McDonald's hingga donat ikonik Dunkin'.

Sejak puluhan tahun lalu restoran cepat saji (Fast Food) hadir untuk memenuhi selera masyarakat di banyak negara. Restoran ini jadi favorit karena penyajiannya praktis dan menunya enak.

Restoran fast food di banyak negara juga menjadi alternatif tempat makan yang aman dari segi harga. Kebanyakan dijual relatif murah dan pas di kantong masyarakat sekitar.

Beberapa menu restoran fast food kemudian amat disukai hingga jadi terkenal. Menu-menu ini bahkan jadi ikon yang selalu dicari seseorang ketika menyambangi restoran fast food.

Sebut saja McDonald's yang punya kentang goreng gurih renyah dan Dunkin' yang terkenal dengan donat empuk manisnya. Menu-menu ini memiliki sejarah menarik di balik kemunculannya.

Mengutip Lovefood via MSN (7/6), ini dia 7 sejarah menu fast food terkenal, termasuk yang muncul tahun 1946:

1. Es krim dan milkshake - Dairy Queen - 1946

7 Sejarah Menu Fast Food Terkenal Sejak 1946, Burger hingga DonatFoto: Lovefood via MSN

Dairy Queen adalah jaringan gerai es krim soft-serve terkenal di Amerika Serikat yang berdiri tahun 1940 di Joliet, Illinois. Dairy Queen berdiri tak lama sejak menu es krim diciptakan.

Dairy Queen lantas menjual milkshake super kental yang tidak akan jatuh saat gelasnya dibalik. Bernama Blizzard, menu ini muncul pada 1946. Perkembangan Dairy Queen lantas begitu pesat hingga pada 1947, mereka sudah memiliki hampir 100 grai di Amerika Serikat dengan sistem franchise.

2. Kentang goreng - McDonald's - 1949

Kentang goreng menjadi menu ikonik McDonald's (McD) yang hampir selalu dipesan pengunjung. Kentang goreng menjadi pelengkap sempurna untuk menu burger. Pertama kali menu ini muncul pada 1949.

Sebelumnya McD menawarkan keripik kentang, namun pada tahun tersebut, mereka coba menggantinya dengan kentang goreng yang kita kenal sekarang. Pada tahun ini pula McD memperkenalkan menu Triple Thick Milkshake.

3. Donat - Dunkin' - 1950

Tak lama setelah kemunculan kentang goreng McD, masyarakat di Amerika Serikat dimanjakan dengan hadirnya donat buatan gerai Dunkin' Donuts yang kini dikenal bernama Dunkin'. Gerai donat dan kopi raksasa ini lantas menyebar ke banyak negara, termasuk Indonesia.

Sebelumnya merek Dunkin' beroperasi di bawah nama Open Kettle. Bermula di Quincy, Massachusetts. Ekspansi gerai mereka amat pesat hingga pada 1965, sudah ada lebih dari 100 gerai Dunkin' di Amerika Serikat.

Sejarah menu ikonik restoran fast food masih ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Kentang Goreng ala Restoran Fast Food"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT