Beda KFC Jepang dan Amerika, Porsi dan Kalori Menunya Curi Perhatian!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 05 Nov 2021 11:00 WIB
Beda KFC Jepang dan Amerika, Porsi dan Kalori Menunya Curi Perhatian! Foto: Insider
Jakarta -

Meski ada di banyak negara, menu KFC bisa berbeda-beda. Seperti halnya yang terlihat pada menu KFC di Jepang dan Amerika Serikat (AS) ini. Terdapat perbedaan pada porsi menu, kalori, dan harganya.

KFC adalah jaringan restoran fast food global. Kamu akan mudah menemukan gerai KFC saat mengunjungi negara-negara lain di dunia.

KFC memiliki sejarah panjang, bermula tahun 1930 dimana restoran KFC pertama kali didirikan di Louisville, Kentucky, AS. Pendirinya adalah Harland Sanders yang kemudian dikenal sebagai sosok Colonel Sanders.

Menu andalan KFC adalah fried chicken alias ayam goreng tepung. Resepnya menggunakan paduan 11 herba dan rempah yang membuat aroma dan rasa ayam gorengnya juicy dan nikmat.

Namun siapa sangka KFC di tiap negara mungkin memiliki perbedaan, seperti halnya yang terlihat di KFC Jepang dan AS. Insider (2/11/21) mengunggah konten Food Wars untuk menunjukkan beda KFC Jepang dan AS.

Berikut perbedaan yang menarik disimak dari menu KFC di belahan benua Asia dan Amerika ini:

1. Porsi

KFC Jepang menghadirkan porsi kentang goreng dalam 3 ukuran, kecil (small), besar (large), dan kotak (box). Sedangkan KFC AS hanya punya kentang goreng ukuran kecil dan besar.

KFC Jepang menawarkan porsi fried chicken dari ukuran 1 potong. Kemudian bisa pilih mau 2, 3, 4, 6, 8, 10, atau 12 potong fried chicken. Di KFC AS, tak menjual fried chicken dalam pilihan satu potong.

Menu fried chicken KFC AS dimulai dari Combo isi 2, 3, dan 4 potong fried chicken. Tiap menu Combo dilengkapi biscuits dan kentang, bisa pilih kentang goreng atau mashed potato dengan saus gravy. Semuanya juga dilengkapi minuman manis ukuran medium.

KFC AS menawarkan porsi yang lebih besar lagi. Mereka punya fried chicken kemasan bucket, mulai dari isi 8, 12, hingga 16 potong fried chicken.

2. Harga

Beda KFC Jepang dan Amerika, Porsi dan Kalori Menunya Curi Perhatian!Beda KFC Jepang dan Amerika, Porsi dan Kalori Menunya Curi Perhatian! Foto: Insider

Menu Combo isi 2 fried chicken di Jepang isi dada dan sayap, dilengkapi satu porsi kecil kentang goreng dan minuman manis ukuran medium. Harganya 800 yen atau USD 7.27 atau sekitar Rp 100 ribu. Menurut reporter Insider, di Jepang sebenarnya harga menu KFC sedikit lebih mahal dibanding restoran fast food lain termasuk McDonald's. "Jadi KFC adalah fast food klasik di Jepang," kata sang reporter.

Di AS, untuk paket yang sama yaitu Combo isi 2 fried chicken, harganya USD 8.99 atau sekitar Rp 128.700. Ada selisih harga 24% lebih mahal untuk KFC AS.

3. Syarat 'chicken specialist'

Beda KFC Jepang dan AS juga terlihat dari sosok pembuatnya. Di Jepang, yang bisa membuat fried chicken KFC hanya orang sudah tersertifikasi sebagai 'chicken specialist'. Untuk meraih gelar ini butuh waktu pendidikan selama 3 bulan. Nantinya pengetahuan dan kemampuan para 'chicken specialist' akan diuji setiap tahun.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com