Terjebak Getok Harga, Makan Sate Buntel 2 Tusuk, Pria Ini Kaget Harus Bayar Rp 90 Ribu

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 13 Jun 2022 10:30 WIB
Getok harga makan sate buntel
Foto: Twitter @@vaaannnnss
Jakarta -

Kejadian getok harga kembali terjadi. Kali ini dialami oleh seorang pria yang memesan sate buntel 2 tusuk. Ternyata ia harus membayar Rp 90.000.

Sate buntel memang dikenal lebih mahal daripada sate ayam atau daging pada umumnya. Karena sate ini terbuat dari daging kambing cincang yang dibentuk bulat panjang, ditusuk dengan tusukan sate lalu dibalut jaringan lemak muda. Biasanya satu porsi sate buntel harganya Rp 35.000 hingga Rp 50.000. Namun harga sate buntel pada warung makan satu ini ternyata diluar dugaan.

Kejadian ini berawal dari cuitan dalam akun Twitter informasi makanan @FOODFESS2 pada (09/06). Dalam cuitan tersebut terlihat unggahan foto menu makanan pada salah satu warung makan sate yang terletak di Kota Lama Semarang. Harga pada gambar menu itu pun terlihat relatif mahal.

Getok harga makan sate buntelMenu makanan pada salah satu warung makan sate yang terletak di Kota Lama Semarang. Harga pada gambar terlihat relatif mahal. Foto: Twitter @@vaaannnnss

Pengirim cuitan ini mengunggah dengan keterangan, "Kaget banget pas udah pesen, baru ngeh bener-bener 2 tusuk Rp 90 ribu." Dia tidak menyangka bahwa 2 tusuk sate buntel mencapai harga Rp 90 ribu.

Cuitan ini pun ramai dikomentari netizen. Sampai akhirnya pengirim asli muncul dan memberikan foto sekaligus penjelasan mengenai rasa sate itu. Dalam cuitan akun twitter pengirim asli yaitu @Vaaannnnss, dia mengunggah foto satu piring sate yang terdiri dari 2 tusuk dengan ukuran sate yang lumayan besar.

Akun tersebut mengatakan bahwa ukuran satenya lumayan besar. Namun terlepas dari harga, rasa satenya kurang enak sehingga dia pun tidak habis memakannya. "Hai kak, aku sendernya. Ukurannya lumayan gede sih. Terlepas dari harga, buat aku ini rasanya kurang sih, ga abis makanya." tulis akun @Vaaannnnss.

Getok harga makan sate buntelInilah tampak sate buntel 2 tusuk seharga Rp 90.000. Foto: Twitter @@vaaannnnss

detikfood mengkonfirmasi kronologi kejadian getok harga ini kepada pengunggah cuitan tersebut. Lalu pada (10/06), pria bernama Van ini menceritakan bahwa awalnya ia sedang mampir ke Semarang dan main ke Kota Lama. Karena pria ini merasa lapar, akhirnya dia mampir ke salah satu warung makan.

Pria ini tertarik makan di tempat tersebut karena terdapat tulisan 'sop dan sate kambing.' Dia berpikir bahwa warung ini akan sama seperti warung penjual sate dan sop pada umumnya. Namun ternyata berbeda.

Saat pria ini masuk ke warung makan itu, dia tidak menemukan harga pada menunya. Pria ini berpikir bahwa mungkin harga paling mahalnya Rp 50 ribu. "Pas masuk, di menu emang ga ada daftar harganya. Tadinya pikir oh paling mahal mungkin 50rb," jelasnya kepada pihak detikfood.

Ternyata setelah dia memesan 2 tusuk sate buntel dan duduk, dia baru menyadari bahwa harga sate 2 tusuk benar-benar Rp 90.000. "Ternyata pas udah pesen baru tengok sekeliling dan ada daftar harganya. Jadi baru tau kalo itu harganya 90rb dan bener-bener 2 tusuk." jelasnya.

Daftar harga pada warung makan ini baru terlihat di bagian dalam warung, setelah para pengunjung selesai memesan makanan. Alhasil pria ini merasa terjebak getok harga.

Karena sempat ramai di Twitter, beberapa komentar akhirnya ikut curhat bahwa mereka pernah mengalami kejadian yang sama di warung makan sate dan sop ini. "Pernah makan berdua sama bapak, gule sama tongseng kambing, salahnya gak lihat menu dulu, itu tangan enak banget nyendok sama nambah. Tau-tau abis 250 ribu berdua." curhat akun @kik***.

Komentar lain juga mengatakan, "Pernah makan di sini. Padahal cuma gue sama bapak gue, karna yg lain gak doyan kambing. Habis 300 an. Karena sebel, gue kelepasan bilang gak enak dan berakhir di pelototin cici kasirnya.", tulis akun @bob***.

Getok harga makan sate buntelSementara netizen lain juga berkomentar bahwa harga menu di warung sate yang terletak di Kota Lama Semarang ini terbilang sangat mahal. Foto: Getty Images

Sementara netizen lain juga berkomentar bahwa harga menu di warung sate yang terletak di Kota Lama Semarang ini terbilang sangat mahal. Banyak dari mereka yang mengatakan harga tersebut kurang wajar karena biasanya harga termahal pun hanya sampai Rp 50 ribu.



Simak Video "Asam Segar Gado-gado Bon Bin yang Sudah Ada Sejak 1960"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)