ADVERTISEMENT

Ketok Harga yang Bikin Kapok

Bikin Kapok! Ketok Harga di Warung Makan hingga Restoran Ini Jadi Viral

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 08 Jun 2022 15:30 WIB
Ketok Harga Ikan Rp 4,1 Juta, Ini 5 Kejadian Ketok Harga di Restoran Seafood yang Heboh
Foto: Facebook/TikTok
Jakarta -

Ketok harga sering jadi ranjau atau jebakan bagi para pembeli saat makan di warung kaki lima sampai restoran. Banyak harga makanan yang tidak masuk akal mahalnya.

Semakin sering terjadi, semakin banyak penjual makanan yang mematok harga makanan terlalu tinggi secara tiba-tiba, tanpa diketahui oleh pembeli. Fenomena ini lebih dikenal dengan nama ketok harga. Kebanyakan kasus ketok harga viral di media sosial, setelah pembeli melaporkan kejadian ini.

Tempat ketok harga juga beragam. Karena tak hanya terjadi di warung kaki lima saja yang kebanyakan harga menunya tidak transparan, tapi turut terjadi di restoran yang bikin pembeli gigit jari sendiri saat melihat tagihan makanan yang keluar. Bahkan banyak kejadian ketok harga tak hanya terjadi di Indonesia saja, tapi di negara lainnya.

Baca Juga: Kena Getok Harga, Netizen Bayar Rp 250 Ribu untuk Makan Angkringan" selengkapnya


Misalnya kasus ketok harga yang sempat heboh beberapa waktu lalu. Kejadian ini memang berlangsung di Malaysia, tapi viralnya sampai ke Indonesia. Saat itu ada satu pembeli yang menceritakan pengalaman makan ikan kakap putih di salah satu rumah makan.

Netizen Ini Kena Getok Harga, Beli 2 Nasi Putih Harganya Rp 197 Ribu!Netizen Ini Kena Getok Harga, Beli 2 Nasi Putih Harganya Rp 197 Ribu! Foto: TikTok @richlife1688 via Mothership SG

Ia begitu kaget ketika melihat harga ikan kakap putih itu ternyata mencapai RM 1,759 atau setara dengan Rp 4,1 juta. Wajar pembeli ini merasa tertipu, dan merasa dirinya menjadi korban ketok harga.

Selain itu ada kasus ketok harga yang terjadi di hotel Marina Bay Sands, Singapura. Hotel bintang lima ini, terkenal dengan harganya yang mahal dan menjadi ikon wisata di sana. Namun yang membuat seorang netizen asal Singapura kaget adalah harga nasi putih yang tidak masuk akal.

Saat menginap di sana, ia memesan nasi putih lewat layanan kamar dan harganya satu porsi sekitar SGD 8 atau Rp 64 ribu. Tapi dia kaget ketika membayar tagihan nasi putih itu mencapai SGD 18,83 setelah dibebankan biaya layanan sampai pajak. Totalnya ia harus membayar Rp 197 ribu hanya untuk dua porsi nasi putih saja.

Di Indonesia, kasus ketok harga semakin sering terjadi. Seperti kisah seorang netizen, yang menceritakan pengalamannya ketika wisata ke Puncak, Bogor. Ia mampir ke salah satu warkop kaki lima di sana. Ia pesan teh manis, kopi hitam dan teh hangat. Total yang harus dia bayar mencapai Rp 108 ribu. Ia pun merasa kesal dengan harga yang bikin kapok ini.

Kejadian Lagi! Wisatawan Kena Getok Harga di Warkop PuncakKejadian Lagi! Wisatawan Kena Getok Harga di Warkop Puncak Foto: Twitter/iStock

Beberapa kejadian di atas hanya sekian, dari begitu banyaknya kasus ketok harga yang terjadi dan viral media sosial belakangan ini. Banyak pembeli yang kapok sendiri, setelah menjadi korban ketok harga ketika makan di restoran hingga warung kaki lima.

Di ulasan kali ini detikFood akan membahas seputar kejadian ketok harga yang dialami banyak orang. Serta pengalaman mereka yang harus membayar makanan ekstra mahal di atas harga normal. Jadi pantau terus semua artikel lengkapnya hanya di detikFood!

Baca Juga: Getok Harga Lagi! Makan di Warung Seafood Ditagih Hampir Rp 1 Juta" selengkapnya



Simak Video "Tanpa Lengan Kanan, Tukang Bubur Menembus Medali Emas Panahan Para Games"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT