ADVERTISEMENT

Sambal Setan Super Pedas

Pedas Gila! Sambal Bakar Isi Cumi hingga Saikoro di Bekasi

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 11 Jun 2022 13:30 WIB
Jakarta -

Pencinta pedas jangan lewatkan cicip sambal bakar di rumah makan ini. Menawarkan sambal gami khas Bontang, paduannya aneka lauk seperti cumi hingga saikoro.

Sambal gami merupakan racikan sambal khas Kalimantan tepatnya di daerah Bontang. Racikan sambal gami terbuat dari cabai merah, cabai rawit, bawang merah, terasi, garam dan gula.

Sambal tersebut kemudian diulek kasar dan dibakar menggunakan wadah cobek berbahan tanah liat. Biasanya masyarakat Kalimantan menikmati sambal gami dengan lauk ikan bawis.

Namun di restoran ini, kamu bisa menikmati sambal gami dengan pilihan lauk lainnya. Mulai dari cumi asin, ikan nila, ayam hingga saikoro. Restoran tersebut bernama Sambal Bakar Mang Usep.

Baca Juga: Pedas Mampus! 5 Ayam Sambal 'Setan' yang Bikin Bibir Dower

Sambal Bakar Mang AsepSuasana di Sambal Bakar Mang Asep Foto: detikFood

Lokasinya di kawasan Pekayon, Bekasi tepatnya di Jl. Pulo Ribung No.28A. Meskipun masih terbilang baru, tetapi Sambal Bakar Mang Asep berhasil menarik perhatian.

Kepada detikcom (08/06) Rachmad Sentosa selaku pemilik restoran mengatakan bahwa Sambal Bakar Mang Asep baru berdiri empat bulan.

"Sebelum ramadan kemarin (buka). Alhamdulillah langsung viral itu karena rasa dan kualitas rasanya. Juga karena masih belum banyak ya yang menawarkan sambal bakar di Jakarta. Baru di sini," tuturnya.

Ada dua jenis sambal yang ditawarkan di sini. Pertama ada sambal gami yang dibakar di wadah cobek berbahan tanah liat. Sambal gami berwarna merah itu kemudian ditambah lauk pilihan.

Sambal Bakar Mang AsepSambal gami dan sambal hijau yang ditawarkan di Sambal Bakar Mang Asep Foto: detikFood

Baca Juga: Waroeng Tiki Taka: Gigitan Pedas Sambal Terasi Pelengkap Ayam Goreng

Salah satu lauk yang jadi andalan di sini adalah cumi (Rp 28.000). Cuminya dipotong kecil-kecil dan menyatu dengan sambalnya. Proses pembakaran tadi membuat sambal gaminya jadi berminyak.

Nah, itulah yang membuat level kepedasannya semakin meningkat. Asin gurih dari cumi berpadu dengan sengatan sambal gami sukses bikin kami ketagihan.

Selain itu, ada juga sambal hijau yang menurut kami tidak sepedas sambal gami. Sambal hijau disana juga dibakar di wadah tanah liat. Kami pun memilih lauk saikoro (Rp 45.000), menu terbaru di sana.

Sambal Bakar Mang AsepSambal Bakar Mang Asep dengan lauk cumi Foto: detikFood

Ternyata empuk juicy-nya saikoro cocok juga dinikmati dengan sambal hijau. Saikoronya memiliki cita rasa smokey yang khas dan enak dinikmati pakai nasi putih hangat.

Oya, untuk nasi putih, lalapan dan minuman boleh ambil sepuasnya di sana. Kamu bisa mengambil sendiri di meja yang sudah disediakan.

"Selain itu ada pilihan lauk lainnya, mulai dari ayam goreng, iga, ikan nila, ikan lele, udang. Dan yang paling best seller itu cumi, setiap hari habis," tutur Rachmad.

Sambal Bakar Mang AsepSambal Bakar Mang Asep dengan lauk saikoro Foto: detikFood

Lebih lanjut, Rachmad juga mengatakan bahwa di antara dua jenis sambal, sambal gami yang paling diincar pengunjung. Dalam sehari saja bisa menghabiskan 20 kilogram sambal gami.

"Dalam sehari bisa 20 kilogram sambal gami, kalau sambal ijo 3-4 kilogram," ujarnya.

Harga yang ditawarkan di sana juga terbilang terjangkau. Hanya berkisar mulai dari Rp 18.000 hingga Rp 45.000. Restoran ini buka setiap hari mulai dari pukul 11.00 - 22.00. Mampir yuk!

Baca Juga: Huaah! Pedas Menyengat Ragam Makanan dengan Sambal Setan

(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT