ADVERTISEMENT

Sambal Setan Super Pedas

Huaah! Pedas Menyengat Ragam Makanan dengan Sambal Setan

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 07 Jun 2022 14:00 WIB
Sambal setan
Foto: iStock
Jakarta -

Makan kurang berselera tanpa sengatan sambal. Racikan sambal hingga tingkat super pedas atau sambal setan ada di berbagai tempat makan. Dijamin nagih!

Sambal sudah menjadi pelengkap wajib saat makan bagi sebagian besar orang. Sensasi pedas pada cabe dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan. Pedas cabe memicu kelenjar air liur hingga keringat sehingga tubuh jadi segar.

Ada ratusan jenis sambal yang diracik dengan cabe, rempah, aneka jeruk hingga terasi. Setiap daerah di Indonesia bahkan memiliki racikan sambal khas. Samabl juga disuguhkan dengan cara berbeda.

Seperti Bali yang memiliki sambal matah, Sumatera Barat ada sambal lado mudo, Sunda ada sambal dadak, di Kalimantan ada sambal gami, di Manado ada sambal roa dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Huaah! Makan Makin Seru dengan Pilihan 30 Sambal Nusantara di Sinii

Sambal setanKini banyak tempat makan yang menawarkan makanan pedas Foto: iStock

Berawal dari selera makan orang Indonesia yang suka pedas, kini banyak tempat makan yang menawarkan makanan pedas. Mulai dari warung makan kaki lima hingga restoran.

Beberapa warung makan tersebut bahkan terkenal dengan sengatan sambalnya yang super pedas. Saking pedasnya, sambal racikannya mendapat julukan sambal setan.

Meski dimakan sedikit, tetapi rasa pedasnya mampu menyengat lidah, mulut, kerongkongan hingga ke perut. Nah, sensasi makan seperti itulah yang digemari oleh orang Indonesia.

Baca Juga: Resep Pembaca: Resep Sambal Goreng Terong yang Gurih Pedas

Sambal setanIndonesia memiliki banyak jenis sambal khas Foto: iStock

Selain itu, ada pula yang belakangan ramai yakni sambal gami. Sambal gami merupakan sambal khas Bontang, Kalimantan Timur. Sambal ini dikenal dengan ciri khas dibuat langsung di atas cobek tanah liat.

Kemudian sambalnya dicampur dengan ikan bawis. Itulah yang menjadi ciri khas dari sambal gami. Kini banyak tempat makan yang menawarkan sambal bakar sehingga sensasi pedasnya lebih kuat.

Ulasan detikFood kali ini akan membahas seputar warung makan yang terkenal dengan sambal super pedasnya. Kami akan memberikan rekomendasi tempat makan di Jakarta dan sekitarnya, di Jawa Tengah hingga Jawa Timur..

Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa resep sambal yang mudah dibuat di rumah. Jangan lupa simak juga manfaat makan dengan sambal super pedas bagi kesehatan.

Baca Juga: Sand & Salt: Kafe Nuansa Pantai Ini Punya Nasi Campur Bali Sedap



Simak Video "Bikin Laper: Paduan Sempurna Aneka Lauk dengan Sambal Setan"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT