ADVERTISEMENT

Mau Makan BBQ Daging dan Burger Juicy? Mampir Saja ke Restoran BBQ Terbaru Ini

Odilia WS - detikFood
Sabtu, 11 Jun 2022 11:30 WIB
Menu Meatsmith Jakarta
Foto: Detikfood
Jakarta -

Sejak awal hidangan BBQ diciptakan untuk dinikmati bersama keluarga. Tak perlu repot kini menu BBQ lengkap bisa kamu nikmati di restoran baru ini.

Menikmati BBQ Party merupakan budaya orang Amerika Serikat. Menurut catatan sejarah, hidangan BBQ merupakan yang tertua dalam peradaban manusia. Sudah dikenal sjak 1.8 juta tahun yang silam.

Dari namanya Barbeque yang berarti menyalakan api menunjukkan teknik memasak paling kuno. Memanggang makanan di atas bara api. Kini sesuai perkembangan zaman sudah banyak perubahan. Baik dari teknik, alat hingga sajian pelengkapnya.

Adalah Dave Pynt, chef sekaligus pemilik Burnt Ends yang menggali kembali teknik memasak BBQ dan diperkenalkan dalam restorannya Meatsmith. Pertama Meatsmith dibuka di Singapura dan di bulan Januari dibuka cabang di Jl Gunawarman 17 Jakarta Selatan.

Dave Pynt, pemilik dan chef Meatsmith JakartaDave Pynt, pemilik dan chef Meatsmith Jakarta Foto: Dok. Meatsmith Jakarta

Slow Cooking dengan teknik asap

Mengusung konsep restoran BBQ, Meatsmith mempertahankan teknik memasak dengan memakai bara api dan proses pengasapan. Cara yang terbilang kuno tetapi kini kembali digemari.

Dengan teknik pemanggangan dengan asap kayu, perlu dipilih jenis kayu terbaik untuk memperkuat rasa daging. Sementara proses 'slow cooking' ini bisa menghasilkan daging dengan rasa empuk juicy, aromatik yang enak dimakan dengan saus BBQ. Meskipun waktu memasaknya 10 jam lebih.

Soal cara BBQ klasik yang dipilih, Dave Pynt mengatakan: 'Kembali ke konsep BBQ, dimana keluarga berkumpul bersama, memanggang bersama sehingga menciptakan keakraban yang hangat.

Komitmen Dave Pynt yang pernah menyabet penghargaan ' Asia's 50 Best Restaurant Chef's Choice Award tahun 2017, dibuktikan pada sederet menu BBQ andalan di Meatsmith Singapura dan Jakarta.

Menu Meatsmith JakartaMenu Meatsmith Jakarta Foto: Detikfood

Burger, Brisket dan Iga Super Juicy

Dave Pynt membuktikan teknik memanggang yang piawai lewat suguhan platter dalam santap siang di Meatsmith Jakarta pekan silam (2/6). Starter disajikan dengan cantik, berisi Scotch quail egg, bistik telur puyuh. Bagian luarnya renyah, di dalamnya lembut dengan lelehan kuning telur puyuh.

Kemudian ada salmon tataki taco yang sangat menyegarkan sekali suap. Juga grilled slamon dengan topping saus creamy yang sangat gurih.Yang paling menarik adalah beef brisket spring rolls. Lumpia digulung kecil panjang dengan isian birsket mirip pulled beef dengan bumbu manis gurih yang enak.

Dave Pynt membuktikan daging sapi secondary cut seperti brisket, striploin dan short ribs yang dipanggang hingga 14 jam tetap enak. Hasilnya daging yang empuk juicy dengan bonus semerbak aroma asap. Tidak berlebihan tetapi menambah lezat rasa daging.

Apalagi dicocol dengan dua saus, saus BBQ dan saus mustard. Rasa pekat klasik saus BBQ original dan rasa kecut asam saus mustard jadi pelengkap sempurna.

Menu Meatsmith JakartaMenu Meatsmith Jakarta Foto: Detikfood

Selain daging sapi, Dave juga menyuguhkan Jerk Chicken Chop. Daging paha ayam yang dipanggang asap dilengkapi dengan salsa mangga. Empuk juicy daging paha ayam yang sedikit kering serasi dengan salsa mangga yang segar dengan sedikit jejak pedas cabe.

Selain dilengkapi dengan lemari khusus untuk 'aging' daging sapi, Meatsmith juga punya oven khusus untuk memanggang daging. Dilengkapi dengan kayu untuk menghasilkan asap yang tepat.

O,ya satu lagi yang sayang dilewatkan, Cheeseburger Meatsmith. Burger ini diisi patty burger, smoked cheddar, pickled cucumber dan saus burger. Patty burgernya renyah tetapi saat diggit langsung keluar jus daging yang gurih dan tekstur daging yang super lembut. Teknik grilling yang sempurna. Juara!



Simak Video "Bikin Laper: Nyobain Sop Ubi Khas Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT