ADVERTISEMENT

7 Tips Merapikan Dapur Agar Mudah Dibersihkan, Contek Yuk!

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 10 Jun 2022 08:00 WIB
7 Tips Merapikan Dapur Agar Mudah Dibersihkan, Contek Yuk!
Foto: Getty Images/iStockphoto/Kostikova
Jakarta -

Menjaga dapur agar tetap rapi tidak semudah yang dibayangkan. Ada tips untuk membuatnya mudah dibersihkan juga. Tips mudah ini bisa diikuti di rumah!

Dapur menjadi area yang penting di rumah karena berkaitan dengan penyimpanan bahan makanan hingga tempat utama untuk menyajikan makanan yang sehat dan mengenyangkan. Makanan yang sehat tidak hanya ditentukan dari penggunaan bahan-bahannya tetapi juga dipengaruhi lingkungan di sekitarnya.

Agar dapur di rumah mudah dibersihkan, berbagai peralatan dan perlengkapannya harus bisa ditata dan disusun rapi. Dapur yang teratur akan jauh lebih mudah untuk dibersihkan dan meminimalisir adanya tumpukan kotoran karena dapat diperhatikan dengan lebih mudah.

Bukan hanya kebersihan dan kesehatan saja, seluruh bagian rumah yang tersusun dengan rapi akan membuat penghuninya merasa lebih bahagia. Mulai dari area rak di bagian atas, bawah hingga meja dapur semuanya bisa disusun dan dibersihkan dengan mudah. Apa saja tipsnya?

Berikut ini 7 tips merapikan dapur menurut Woman & Home (8/6):

7 Tips Merapikan Dapur Agar Mudah Dibersihkan, Contek Yuk!Walaupun tidak dipisah ruangannya tetapi harus ada batasan jelas pada setiap area dapur agar mudah merapikannya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Kostikova

1. Batasi setiap area dapur

Sebelum menyusun dapur secara keseluruhan, beri batasan pada setiap area dapur. Misalnya area cuci piring, area kompor, area peralatan makan piring dan sendok atau bahkan peralatan memasak seperti blender atau pemanggang roti.

Cara membatasi area ini ampuh untuk menerapkan batasan agar seluruh barang-barang yang dirapikan bisa fokus dan mudah diperhatikan dengan baik. Pembatasan area seperti ini juga nantinya akan memudahkan untuk memilah mana peralatan yang bisa disimpan di tempat yang sama dan peralatan yang harus dipisahkan.

2. Hindari menumpuk makanan berlebihan

Menyetok makanan dalam jumlah banyak dilakukan beberapa orang. Tetapi hal ini justru menjadi musuh utama dari tampilan dapur yang bersih dan rapi.

Selain itu, menyimpan makanan secara berlebihan akan menyulitkan ketika menyortir antara makanan yang masih bisa dikonsumsi dengan sebagian yang sudah kedaluwarsa. Jika tidak bisa tersusun dengan rapi, makanan kedaluwarsa yang tersembunyi ini akan menyebabkan masalah besar terutama bagi kebersihan di area dapur.

3. Donasikan benda yang jarang digunakan

Ada baiknya untuk tidak 'menyayangi' benda-benda di dapur dengan cara menyimpannya dalam waktu yang lama tanpa atau jarang digunakan. Benda-benda ini sebenarnya masih bisa dimanfaatkan menjadi lebih berguna.

Jika tidak lagi digunakan bisa didonasikan atau diberikan kepada kerabat terdekat dan orang lain yang membutuhkan. Menumpuk benda terlalu banyak sementara sudah tidak digunakan lagi hanya akan membuat rak dan laci penyimpanan menjadi penuh dan sulit ditata secara teratur.

Tips menyusun dan merapikan dapur lainnya bisa dibaca pada halaman selanjutnya.



Simak Video "Menjajal Menu Buatan Eks Chef Restoran China Ternama"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT