Jual Teh Susu Dikemas Botol Detergen, Restoran ini Dikecam

ADVERTISEMENT

Jual Teh Susu Dikemas Botol Detergen, Restoran ini Dikecam

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 01 Jun 2022 19:30 WIB
Milk Tea Detergen
Foto: iStock
Jakarta -

Baru-baru ini viral video restoran China yang membuat teh susu Thailand dengan kemasan botol detergen. Sayangnya, minuman ini justru banyak diprotes oleh netizen China.

Teh susu telah menjadi minuman yang banyak digemari di China. Beragam teh susu dicari oleh warga sana, salah satunya teh susu khas Thailand. Teh ini diracik dari teh Thailand yang oranye merah dengan aroma wangi dan diberi campuran susu kental manis.

Teh susu yang cenderung lebih cokelat dengan rasa yang lebih pekat ini ternyata disukai oleh warga China. Sayangnya mereka sulit menemukan juara untuk produk teh susu Thailand ini.

Milk Tea DetergenTeh susu yang cenderung lebih cokelat dengan rasa yang lebih pekat ini ternyata disukai oleh warga China. Sayangnya mereka sulit menemukan juara untuk produk teh susu Thailand ini. Foto: iStock

Dengan latar belakang itu, akhirnya salah satu restoran Thailand di Nanjing, China membuat inovasi baru dengan membuat teh susu ala Thailand yang dikemas dalam wadah mirip botol detergen.

Dilansir dari radiichina.com (28/05), dapat dilihat kemasan botol hijau seperti detergen itu ternyata benar isinya teh susu. Akhirnya minuman teh ini pun viral di media sosial Weibo dan berhasil ditonton sebanyak 140 juta kali dalam beberapa hari.

Milk Tea Detergenkemasan botol hijau seperti detergen itu ternyata benar isinya teh susu. Akhirnya minuman teh inipun viral di media sosial weibo dan berhasil ditonton sebanyak 140 juta kali dalam beberapa hari. Foto: radiichina.com (28/05)

Namun sayangnya, minuman teh susu Thailand kemasan botol detergen ini mendapatkan respon yang kurang baik dari netizen China. Sebagian besar netizen menolak konsep ini.

Mereka beralasan bahwa kemasan berbentuk botol detergen ini telah merusak keamanan pangan, terutama untuk anak-anak. Mungkin mereka akan mengira cairan cucian itu sebagai teh susu.

"Ini berbahaya dan bisa dengan mudah menyesatkan anak-anak! Kita harus menentang ini," tulis salah satu netizen. Komentar ini pun menjadi yang paling banyak disukai dengan jumlah 20.000.

Komentar lain pun mengatakan bahwa anak kecil mungkin akan berpikir jika botol cairan cucian bisa diminum. Tentunya jika hal ini terjadi, itu akan sangat membahayakan. "Anak-anak mungkin mulai berpikir bahwa detergen itu bisa diminum," ujar netizen lain.

Milk Tea DetergenMeskipun minuman ini unik tetap saja sebagian besar netizen China menganggap konsep itu konyol. Foto: iStock

Meskipun minuman ini unik tetap saja sebagian besar netizen China menganggap konsep itu konyol. Bahkan beberapa netizen juga merasa tidak tertarik dengan produk teh susu ini.

Menurut laporan berita China Xinhua, meskipun restoran ini tidak mendapati keluhan langsung, namun biro administrasi dan pengawasan pasar lokal Nanjing tetap melakukan penyelidikan terhadap kemasan teh susu Thailand ini.

Karena itu restoran ini cepat menarik kembali produknya itu dan akhirnya produk teh susu kemasan detergen ini tidak lagi dijual.

Kemasan unik dan aneh memang terkesan akan sukses menarik perhatian. Tetapi pemilihan bentuk dan desain juga tetap harus diperhatikan agar tidak menimbulkan kontroversi dan kerugian.



Simak Video "Hidangan Hakka Khas Siauw A Tjiap yang Autentik dan Legendaris"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT