Ternyata Ini 7 Trik Restoran untuk Menarik Pelanggan dan Raup Cuan

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 25 Mei 2022 18:30 WIB
Ternyata Ini 7 Trik Restoran untuk Menarik Pelanggan dan Raup Cuan
Foto: Getty Images/iStockphoto/Sasithorn Phuapankasemsuk
Jakarta -

Tujuan dari sebuah bisnis tentunya mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Sejumlah restoran ternyata punya trik rahasia demi meraih keuntungan yang lebih banyak.

Bukan hanya menjual hidangan lezat, tentunya ada tujuan mengumpulkan keuntungan sebanyak-banyaknya dari sebuah bisnis kuliner. Termasuk restoran besar yang namanya sudah tersohor sekalipun.

Tanpa keuntungan, sebuah restoran tidak akan mampu bertahan untuk memenuhi biaya operasional yang juga harus dibayarkan secara rutin. Untuk memenuhi kebutuhan biaya tersebut, banyak trik-trik tersembunyi yang dilakukan oleh sebuah restoran untuk menarik lebih banyak pelanggan dan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Walaupun tidak seluruhnya, tetapi banyak restoran di dunia yang menerapkan trik-trik rahasia tersebut. Biasanya para pelanggan tidak akan terlalu menyadari bahwa dirinya sudah terjebak dalam trik yang diterapkan secara rahasia ini.

Berikut ini 7 trik rahasia restoran untuk mendapat keuntungan menurut Lifehack:

Ternyata Ini 7 Trik Restoran untuk Menarik Pelanggan dan Raup CuanKesulitan membaca menu di restoran merupakan sebuah trik yang dengan sengaja disiapkan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Sasithorn Phuapankasemsuk

1. Menggunakan kata yang sulit dimengerti

Jika membaca buku menu, kamu pastinya akan menemukan beberapa kata atau keterangan cukup berbelit dan sulit dimengerti. Misalnya 'Es krim yang manis dan creamy' atau 'Sayap ayam yang empuk, juicy dan enak dengan siraman saus'.

Penggunaan kata tersebut menjadi waktu yang tepat bagi restoran untuk membuat hidangan yang disajikannya terlihat selezat mungkin. Terutama ketika tamu yang datang benar-benar dalam keadaan lapar, maka mereka akan tergiur dengan lebih banyak makanan yang didesksripsikan dengan begitu menggugah selera.

2. Menggunakan angka tipuan

Penulisan harga di restoran juga tidak pernah dilakukan secara bulat dan utuh. Dibandingkan dengan menulis harga Rp 30.000 misalnya, pihak restoran justru akan menuliskannya menjadi Rp 29.999 atau Rp 29.899 dan sebagainya.

Bukan hanya untuk membuatnya terlihat murah tetapi harga yang dibuat tidak bulat ini akan muncul ke bagian paling atas ketika banyak orang yang mencari informasi di internet untuk perbandingan harga yang lebih murah. Trik tersebut yang kemudian akan menarik lebih banyak pelanggan karena merasa harga makanan di sana jauh lebih murah, padahal sama.

3. Menggunakan sosok anggota keluarga

Menarik perhatian bukan hanya dilakukan dengan promosi dan penawaran besar-besaran tetapi bisa juga dilakukan dengan melakukan pendekatan secara personal. Jika kamu pernah menemukan beberapa menu yang menggunakan kata 'Nenek', 'Ibu', 'Rumahan' atau dalam istilah lainnya, cara tersebut menjadi salah satu upaya restoran untuk menarik perhatian pelanggannya.

Menggunakan istilah-istilah tersebut dapat membuat seseorang merasa lebih dekat dan penasaran dengan rasa hidangan yang disajikan. Mengingat hidangan keluarga selalu menjadi menu yang tidak bisa dihiraukan, maka tidak aneh jika banyak restoran yang seolah menyajikan masakan-masakan yang dirindukan tersebut.

Trik rahasia restoran yang lain bisa dilihat pada halaman berikutnya.