ADVERTISEMENT

Kafe Ini Kena Denda Rp 15 Juta Setelah Pembeli Protes Harga Kopi Kemahalan

Sonia Basoni - detikFood
Minggu, 22 Mei 2022 19:00 WIB
Kafe Ini Kena Denda Rp 15 Juta Setelah Pembeli Protes Harga Kopi Kemahalan
Foto: Site News
Jakarta -

Kebanyakan pembeli menerima harga minuman atau makanan yang sudah ditetapkan restoran, tapi berbeda dengan pembeli ini yang komplain karena kopinya kemahalan.

Salah satu kafe di Florence, Italia, harus membayar denda sebanyak EUR 1000 (Rp 15,5 juta) setelah seorang pembeli di kafe tersebut menghubungi polisi setempat untuk komplain. Ia tak terima harga kopi espresso yang dipesannya ternyata sekitar EUR 2 (Rp 30 ribu).

Dilansir dari DailyMailUK (21/05), kasus ini menimpa Kafe Ditta Artigianale di kota Tuscan. Menurut pembeli kopi tersebut, ia merasa tak terima karena harga kopinya dinilai terlalu mahal, serta pemilik kafe yang tidak mencantumkan harga pada menu bar.

Menanggapi hal ini, sang pemilik kafe mengatakan semua harga menu makanan dan minuman sudah tertera di menu online. Di Italia sendiri harga kopi espresso memang tidak semahal di kafe yang sudah ternama ini. Namun harga mahal ini dibuat untuk menutupi biaya biji kopi yang yang dikirim langsung dari Meksiko.

Kafe Ini Kena Denda Rp 15 Juta Setelah Pembeli Protes Harga Kopi KemahalanKafe Ini Kena Denda Rp 15 Juta Setelah Pembeli Protes Harga Kopi Kemahalan Foto: Site News

Namun sayangnya pihak kepolisian setempat tidak mau mendengar alasan sang pemilik kafe, yaitu Francesco Sanapo. Mereka tetap menjatuhkan denda sebesar EUR 1000.

"Mereka memberikan denda saya karena seseorang merasa tersinggung harus membayar EUR 2 untuk secangkir kopi tanpa kafein (yang mahal). Bisakah kalian percaya hal itu?" komplain Sanapo lewat video di akun Facebooknya.

Baca Juga: Curhat Orderan Sepi Sambil Minum Kopi Mahal, Pengantar Makanan Ini Bikin Netizen Emosi" selengkapnya


"Bahkan hari ini, hanya karena ada pembeli yang kesal, mereka melibatkan polisi, dan memutuskan bahwa pihak kafe bersalah dan melanggar hukum," sambung Sanapo lengkap dengan bukti denda dari polisi.

Bukan tanpa alasan mengapa polisi menganggap harga EUR 2 itu terlalu mahal. Di Italia, budaya ngopi terkenal sangat murah, terutama di kafe tradisional seperti yang dikelola Sanapo.

Kafe Ini Kena Denda Rp 15 Juta Setelah Pembeli Protes Harga Kopi KemahalanKafe Ini Kena Denda Rp 15 Juta Setelah Pembeli Protes Harga Kopi Kemahalan Foto: Site News

Tapi kafe Sanapo bisa dibilang lebih istimewa karena sudah memenangkan beberapa penghargaan karena kualitas kopi yang disajikan. Tak heran kalau Sanapo percaya diri menjual kopi secangkir Rp 30 ribu.

"Maaf saya benar-benar kecewa. Karena pembeli ini merasa begitu tersinggung saat disuruh bayar EUR 2 untuk secangkir kopi. Karena kopi kami ini benar-benar disajikan secara langsung. Memang susah untuk membuat orang mengerti bahwa ada kopi berkualitas yang harganya bisa mencapai lebih dari EUR 1 (Rp 15 ribu)," pungkas Sanapo kesal.

Sanapo selain merasa kecewa harus membayar denda belasan juta rupiah. Ia juga merasa tak terima dengan insiden sepele yang dibesar-besarkan ini. Sebagai informasi tambahan, di Italia, rata-rata secangkir kopi memang dihargai di kisaran EUR 1 (Rp 15.000).

Baca Juga:Ini Daftar 7 Kopi Termahal di Dunia, Ada Kopi Luwak Indonesia!" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Berburu Kuliner Malam di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT