Ini 5 Cara Memilih Ikan Segar ala Tukang Ikan, Gampang Dicontek

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 22 Mei 2022 08:00 WIB
Fresh Fish
Foto: iStock
Jakarta -

Tidak semua orang bisa memilih ikan yang segar. Meski sudah sangat hati-hati masih saja mendapat ikan kurang segar atau direndam formalin. Coba contek 5 cara ini.

Ketika membeli ikan di pasar atau di supermarket selalu tampak menarik dan segar. Padahal banyak penjual yang sudah mengatur penempatannya dan menyiasati tampilan ikan agar menggiurkan para pembeli.

Belum lagi hampir sebagian besar penjual ikan juga seafood lainnya sering memakai larutan formalin agar ikan awet segar dan tidak dihinggapi lalat. Mengecek kesegaran ikan tidak hanya sekedar melihatnya secara sekilas. Tetapi ada beberapa hal penting diperhatikan.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini 5 cara memilih ikan segar seperti tukang ikan saat belanja ikan segar.

1. Periksa Mata Ikan

Fresh FishJika mata ikan melotot, dengan kondisi jernih, pupil gelap, serta mata terlihat seperti hidup, maka bisa dipastikan ikan itu masih segar. Foto: iStock

Sebelum membeli ikan, hal terpenting yang perlu dilakukan yaitu dengan memeriksa kondisi mata ikan. Seringkali mata ikan banyak memperlihatkan tanda tentang kesegarannya.

Jika mata ikan melotot, dengan kondisi jernih, pupil gelap, serta mata terlihat seperti hidup, maka bisa dipastikan ikan itu masih segar. Tetapi jika mata ikan sudah tampak pucat, kusam, buram dan kemerahan disarankan untuk tidak membeli ikan tersebut.

2. Periksa Ekor dan Sirip Ikan

Indikator kesegaran dalam ikan bisa diperiksa dengan melihat dan menyentuh ekor serta siripnya. Tanda jika ikan tersebut masih segar yaitu ketika bagian ekor dan siripnya masih utuh dan tidak terlalu kaku.

Ekor dan sirip ikan yang telah melunak juga masih bisa dipastikan kesegarannya. Tetapi jika ekor dan sirip ikan telah mengeras sampai menjadi kering, itulah tanda ketika ikan tersebut sudah lama dan mulai membusuk.

3. Periksa dan Cium Bau Ikan

Fresh FishIkan yang bagus untuk dikonsumsi memiliki aroma laut atau bau sungai yang segar. Foto: iStock

Memeriksa bau ikan menjadi hal yang paling umum dilakukan. Ikan yang bagus untuk dikonsumsi memiliki aroma laut atau bau sungai yang segar. Karenanya ketika menemukan ikan dengan bau amis yang menyengat, bisa jadi ikan tersebut sudah lama hingga hampir membusuk.



Simak Video "Bikin Laper: Manjakan Lidah dengan Aneka Masakan Betawi di Serpong"
[Gambas:Video 20detik]