Kuliner Mudik

5 Oleh-oleh Khas Pangandaran, Ada Ikan Asin hingga Jus Honje Segar

Aldi Nur Fadilah - detikFood
Rabu, 04 Mei 2022 15:09 WIB
Oleh-oleh khas Pangandaran
Foto: istimewa
Jakarta -

Mudik atau wisata ke Pangandaran? Jangan hanya lewat, kamu bisa membeli oleh-oleh khasnya. Ada ikan asin jambal roti yang gurih mantap hingga jus honje nan unik.

Pangandaran tak sekadar menawarkan wisata alam yang menarik, tapi juga ragam makanan khas yang sayang dilewatkan. Beberapa bahkan cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat yang ditinggal mudik.

Kebanyakan oleh-oleh khas Pangandaran berupa olahan makanan laut. Sebut saja snack seafood, ikan asin jambal roti, hingga snack rumput laut yang banyak diminati.

Apa saja rekomendasi oleh-oleh khas Pangandaran? Berikut daftarnya:

1. Snack Seafood

Oleh-oleh khas PangandaranOleh-oleh khas Pangandaran Foto: istimewa

Pangandaran memang terkenal dengan olahan seafood-nya yang beragam, namun agar tetap awet dan bisa dibawa ke rumah, ada berbagai inovasi olahan seafood. Salah satunya snack seafood asli Pangandaran ini.

Ada beragam jenis seafood yang dijual, seperti kepiting krispy, udang krispy, dan cumi-cumi krispy. Semuanya dibalut tepung lalu diberi rasa yang gurih enak

Harga yang ditawarkan untuk snack seafood varian cumi seharga Rp25.000, sedangkan udang dan kepiting Rp17.000. Untuk membelinya, wisatawan bisa mencari di seluruh minimarket yang ada di area objek wisata Pangandaran.

2. Jambal Roti

Oleh-oleh khas PangandaranOleh-oleh khas Pangandaran Foto: istimewa

Jambal roti merupakan jenis ikan asin favorit banyak orang. Di Pangandaran, jambal roti bahkan menjadi salah satu oleh-oleh paling favorit. Kuliner ini bisa didapatkan di sepanjang pantai barat dan timur Pangandaran.

Nyaris setiap warung yang buka menggantung olahan asinan jambal roti. Ikan asin segar yang berasal dari Ikan Kedukang Laut ini dibuat tanpa bahan pengawet.

Harga yang ditawarkan sangat beragam. Untuk satu ikan Jambal roti dibandrol dengan harga mulai Rp 30.000 sampai Rp125.000 per ikat dan per kemasannya. Ada yang berisi 3 sampai 10 ikan.

Untuk mendapatkannya, tidak sulit. Ada pedagang asongan yang menjajakannya di tepian jalan Pangandaran. Namun kalau mau ke pusatnya, bisa datang ke pasar ikan di Jl. E. Jaga Lautan Jl. Pantai Timur No.9. Di sini juga terdapat banyak olahan ikan asin lainnya.



Simak Video "Menyantap Iga Bakar Lezat di Kafe Bernuansa Hutan"
[Gambas:Video 20detik]