ADVERTISEMENT

Kenyal! 5 Jajanan Aci Bandung Terbaru, Ada Cirambay dan Cimol Bojot

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 19 Mei 2022 14:32 WIB
Jajanan Aci Bandung yang Baru dan Enak
Foto: Instagram @ceumalceumil

3. Cimol Bojot

Jajanan Aci Bandung yang Baru dan EnakJajanan Aci Bandung yang Baru dan Enak Foto: Instagram @ceumalceumil

Salah satu jajanan aci yang populer adalah cimol. Jajanan ini memiliki kepanjangan dari aci digemol atau aci berbentuk bola-bola kecil. Cimol ini digoreng sampai renyah, namun empuk ketika digigit dengan tekstur yang agak kenyal.

Ternyata cimol memiliki kreasi baru, bernama cimol bojot. Cimol bojot menggunakan cimol yang ukurannya tidak terlalu besar, kemudian disajikan dengan chilli oil. Chilli oil ini yang membuat cimol memiliki cita rasa berbeda, lebih pedas nampol.

Belakangan penjual cimol bojot menyebar di Bandung dan sekitarnya. Penjualnya menggunakan gerobak di pinggir jalan. Harga seporsinya mulai dari Rp 10.000-an.

4. Cipak Koceak

Jajanan Aci Bandung yang Baru dan EnakJajanan Aci Bandung yang Baru dan Enak Foto: Instagram @nokjajan

Cipak Koceak juga termasuk baru di kalangan jajanan aci. Awalnya cipak koceak berasal dari Garut, namun kini populer juga di Bandung. Dalam bahasa Sunda, Cipak Koceak memiliki arti cimol dempak atau cimol gepeng, sementara koceak berarti teriak yang mana menggambarkan rasa pedas menyengat.

Cipak kocek ada yang disajikan kering maupun kuah. Untuk bumbu keringnya, terbuat dari sedikit minyak bawang putih, daun jeruk, dan cabe bubuk yang melimpah. Sedangkan untuk cipak koceak kuah, diberikan kuah kaldu gurih atau air panas.

5. Cipok

Jajanan Aci Bandung yang Baru dan EnakJajanan Aci Bandung yang Baru dan Enak Foto: Instagram @cirengcipok

Jajanan aci terbaru juga ada yang bernama cipok. Cipok merupakan singkatan dari cireng popcorn. Sebenarnya tak jauh berbeda dari cireng pada umumnya, hanya saja bentuknya bulat dan ukurannya kecil.

Cireng biasanya dinikmati dengan saus cocolan, seperti sambal rujak atau saus sambal. Sedangkan cipok disajikan dengan bumbu bubuk kering aneka rasa. Ada bumbu bubuk balado, jagung manis, keju, BBQ, dan lainnya.

Penjual cipok juga ada yang menyajikannya dengan bumbu seperti cimol bojot. Ditambahkan minyak bawang putih, bumbu bubuk, serta daun jeruk kering.

Baca Juga: Cuan! Ini Penjual Bakso hingga Ayam Penyet Kaki Lima Beromzet Fantastis



Simak Video "Puluhan Ribu Pengunjung Serbu Festival Baso Aci Garut 2022"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT