ADVERTISEMENT

Kenyal! 5 Jajanan Aci Bandung Terbaru, Ada Cirambay dan Cimol Bojot

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 19 Mei 2022 14:32 WIB
Jajanan Aci Bandung yang Baru dan Enak
Foto: Instagram @ceumalceumil
Jakarta -

Jajanan khas Bandung berbahan dasar aci yang bertekstur kenyal selalu ada yang baru. Seperti cirambay, cibay, hingga cimol bojot yang gurih pedas.

Kuliner Bandung tak ada habisnya. Selalu muncul kreasi jajanan baru yang rasanya enak dan menggugah selera. Beberapa jajanan khas Bandung yang baru ini terbuat dari aci atau adonan tepung sagu (kanji).

Biasanya jajanan berbahan dasar aci ini memiliki nama 'ci' di awalnya. Bahan utama ini memberikan tekstur jajanan menjadi kenyal. Beberapa kreasi jajanan aci terbaru ini banyak yang ditambahkan bumbu gurih dan pedas nampol.

Diantaranya ada cirambay yang belakangan ini populer. Ada juga cimol bojot yang merupakan kreasi baru dari cimol, dan masih banyak jajanan aci lainnya.

Baca Juga: 5 Fried Chicken Kaki Lima Murah Meriah Langganan Netizen yang Enak

Berikut 5 jajanan aci Bandung terbaru yang wajib dicoba foodies.

1. Cirambay

Jajanan Aci Bandung yang Baru dan EnakJajanan Aci Bandung yang Baru dan Enak Foto: Instagram @cirambayteteh

Cirambay salah satu jajanan aci terbaru di Bandung. Belakangan jajanan ini sangat populer, terutama di kota Bandung. Namanya cukup unik membuat banyak foodies penasaran.

Kepanjangan dari cirambay adalah aci rambay. Di mana dalam bahasa Sunda, rambay memiliki arti berjuntai. Artinya tepat sekali dengan karakteristik jajanan satu ini.

Cirambay memiliki bentuk mirip mie lebar atau kwetiau yang agak panjang. Bedanya tekstur cirambay lebih kenyal dibandingkan mie lebar atau kwetiau yang berbahan dasar terigu dan tepung beras. Penyajian cirambay disiram dengan chilli oil yang terbuat dari minyak bawang putih, irisan daun jeruk tipis, dan bubuk cabai.

2. Cibay

Jajanan Aci Bandung yang Baru dan EnakJajanan Aci Bandung yang Baru dan Enak Foto: Instagram @cibay_ceumpal4

Cibay kepanjang dari aci ngambay. Dalam bahasa Sunda, ngambay artinya aci basah. Jajanan ini juga berasal dari Jawa Barat dan populer di Bandung.

Sesuai namanya, cibay terbuat dari bahan utama tepung aci (kanji), bisa juga menggunakan tepung tapioka. Jajanan seperti apa cibay? Bentuknya seperti lumpia goreng yang di dalamnya diberikan aci dengan aneka campuran, seperti ayam suwir, sosis, atau bakso.

Lumpia yang telah diisi aci itu lalu digoreng sampai permukaan luarnya renyah. Setelah itu disajikan dengan topping chilli oil pedas gurih. Cibay ini juga nikmat dicocol saus sambal.

Baca Juga: Pesan Makanan di Rest Area, Wanita Ini Ngaku Kena Getok Harga Rp 495 Ribu!



Simak Video "Puluhan Ribu Pengunjung Serbu Festival Baso Aci Garut 2022"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT