Gelato Diciptakan di Florence Kini Disajikan dalam Cone

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 17 Mei 2022 17:30 WIB
Sejarah gelato
Foto: iStock
Jakarta -

Gelato Italia dulunya merupakan makanan mewah dan hanya disajikan untuk bangsawan. Kini dinikmati di seluruh dunia. Ini Fakta menariknya

Kata 'gelato' dalam bahasa Italia artinya adalah beku. Ini sesuai dengan tekstur gelato. Inilah yang menjadi salah satu pembeda antara gelato dan es krim.

Dikutip dari Art Miami Magazine, gelato pertama kali ditemukan oleh Bernardo Buontalenti, seorang penduduk asli Florence, Italia pada abad ke-16.

Saat itu, Bernardo menciptakan gelato untuk disajikan kepada para bangsawan asal Italia. Seperti Ratu Perancis Catherine de Medici. Sejak itulah gelato populer di Italia dan Eropa.

1. Berawal dari Es Dan Salju

Sejarah gelatoSejarah gelato memiliki banyak versi, salah satunya berawal dari es dan salju Foto: iStock

Ada versi lain tentang sejarah gelato. Dikutip dari Italia Magazine, sejarah gelato berawal dari seorang budak yang mengumpulkan es dan salju untuk jamuan makan kerajaan.

Kala itu, budak tersebut harus melakukan perjalanan sejauh 100 kilometer dari kerajaan ke kawasan bersalju. Sementara ia harus melindungi es agar tetap dingin.

Kemudian, rasa manis pada gelato bermula dari pengembangan sirup yang dilakukan oleh orang Arab pada abad 11.

Baca Juga: Liburan ke Bali? Ini 5 Gelato Hits di Seminyak yang Wajib Dicicpi

2. Hadirnya Gelato Modern

Sejarah gelatoSejarah gelato yang kemudian muncul varian modern Foto: iStock

Kemudian munculah gelato modern yang diciptakan pertama kali oleh seorang alkemis bernama Cosimo Ruggieri, seorang alkemis dari masa Renaissance.

Ia menciptakan rasa gelato pertama untuk istana keluarga Medici di Florence, Italia. Sementara versi lain mengatakan bahwa Bernardo dianggap sebagai penemu gelato dengan campuran krim telur.



Simak Video "Nongkrong Cantik Sambil Mencicipi Gelato Unik di Kafe Instagramable "
[Gambas:Video 20detik]