Dingin Segar Gelato

Dulu Dinikmati Bangsawan, Kini Gelato Jadi Dessert Kekinian yang Mendunia

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 17 Mei 2022 14:00 WIB
Close up shot of variation homemade gelato flavors
Foto: iStock
Jakarta -

Gelato dikenal sebagai dessert Italia yang mendunia dan tak kalah populer dari es krim. Tak banyak yang tahu, dulunya gelato hanya dinikmati bangsawan.

Berbeda dengan es krim, gelato terkenal sebagai dessert dingin yang lebih sehat, karena kandungan lemaknya lebih rendah. Begitu juga dengan kandungan krimnya yang sedikit, dan kandungan susunya lebih banyak membuat cita rasa gelato lebih lembut.

Dilansir dari Art Miami Magazine (16/05), gelato pertama kali ditemukan di abad 16. Ada banyak informasi tentang awal mula dessert manis ini diciptakkan. Namun dari banyaknya catatan sejarah, gelato pertama kali diciptakan oleh Bernado Buontalenti, warga lokal dari Florence, Italia.

Proses penciptaan gelato yang panjang, kian berkembang sampai akhirnya muncul versi gelato yang dikenal seperti sekarang. Gelato yang satu ini diciptakan oleh Francesco Procopuo Dei Coltelli, yang menciptakan mesin es krim pertama kali dan membuka kafe pertamanya di Paris. Di sana ia mulai memperkenalkan gelato ke seluruh Eropa.

Baca Juga: "Khusus Sultan! 5 Es Krim Cone Termahal Buat Ikutan Tren Es Krim Geprek" selengkapnya

5 gerai gelato di bali gelato Foto: iStock


Sampai Raja Louis XIV yang saat itu bertahta di Prancis, memberikan Coltelli izin khusus untuk membuat gelato di Prancis. Tak heran dulu gelato bukan l makanan yang bisa dicicip siapa saja. Gelato ini sejak abad 16 merupakan makanan kaum bangsawan, dan kalangan atas.

Kemudian gelato mulai dikenalkan ke Amerika pada era 1770. Saat itu ada dua tipe gelato yang dikenalkan, yaitu sorbetto atau sorbet. Kombinasi gelato ini lebih banyak menggunakan es dan jus buah. Sementara gelato satunya tetap menggunakan resep original di Italia yang menggabungkan susu, kayu manis, pistachio, kopi atau cokelat. Gelato baru benar-benar populer ketika memasuki tahun 1920-an.

Kemudian tahun 1964, pria bernama Luciano Rabboni mulai membuat berbagai macam rasa terbaru gelato di rumahnya yang ada di Reggio Emilia. Ia mendirikan perusahaan PreGel yang menjual gelato rumahan, dan membuatnya terkenal sampai melebarkan sayap bisnis gelatonya ke 130 perusahaan berbeda.

Kini gelato juga jadi dessert populer yang kekinian dan digemari di Indonesia. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung hingga Bali ada banyak puluhan kedai gelato yang menawarkan aneka rasa. Di Indonesia sendiri, gelato yang ditampilkan tentunya memiliki banyak variasi unik.

Vilo Gelato: Asam Segar! Gelato Rasa Asinan Bogor Ini Dijual di Tempat InstagramableVilo Gelato Foto: detikcom/Diah Afrilian

Dari tahun ke tahun, produsen gelato lokal maupun orang Italia yang membuka bisnis gelato di Indonesia, selalu mengembangkan rasa gelato yang tak bisa ditemukan di negara lain. Misalnya gelato rasa nasi uduk, gelato rasa pisang goreng, gelato rasa mie instan goreng dan masih banyak lagi.

Kalau mau coba gelato yang hits dan populer di kota-kota besar di Indonesia. Bisa coba kedai Gelato Secrets, punya beberapa cabang. Tempat jajan gelato ini dipilih banyak orang, karena harganya cukup terjangkau dan memiliki variasi yang banyak.

Sementara untuk penggemar gelato yang lebih suka banyak rasa buah. Ada kedai gelato Locarasa dengan pilihan gelato pisang, mangga, es doger, taro, kelapa dan maih banyak lagi.

Nongkrong kekinian di kedai gelato modern yang hits dan Instagrammble juga bisa ditemukan di Vilo Gelato yang memiliki banyak cabang di Jakarta, Bandung, sampai Puncak. Di sini spesialis menyajikan artisan gelato yang enak dan creamy.

Nah, bagi penggemar kuliner sultan. Di Jakarta ada beberapa tempat gelato mahal seperti Venchi, brand asal Italia yang menawarkan gelato premium dan masih banyak lagi.

Di ulasan kali ini, detikFood akan membahas tentang serba-serbi gelato. Mulai dari sejarahnya, fakta menarik tentang gelato, varian rasa unik gelato yang hanya ada di Indonesia, tempat nongkrong di kedai gelato kekinian yang menyesuaikan budget, sampai rekomendasi tempat gelato autentik khas Italia yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

Untuk itu pantau terus ulasan gelato di detikFood minggu ini.

Baca Juga: Venchi: Gelato 'Sultan' dari Italia Seharga Rp 80 Ribu per Cup" selengkapnya



Simak Video "Mengintip Kecanggihan Dapur Gelato Modern"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)