Venchi: Gelato 'Sultan' dari Italia Seharga Rp 80 Ribu per Cup

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 06 Jan 2021 17:00 WIB
Venchi: Gelato ‘Sultan’ dari Italia Seharga Rp 80 Ribu per Cup Foto: detikfood
Jakarta -

Belakangan di media sosial tengah heboh gelato 'sultan' buatan gerai Italia. Harga per cup gelato Rp 80 ribu dengan pilihan 3 rasa.

Serupa es krim, gelato jadi dessert favorit di dunia. Gelato berasal dari Italia dengan komposisi bahan sedikit berbeda dari es krim.

Gelato menggunakan lebih banyak susu dan minim kandungan lemak. Karenanya tekstur gelato lebih padat dan tebal ketimbang es krim.

Di indonesia, gelato kini mudah ditemui. Gelato tersedia di kafe atau gerai yang memang khusus menawarkan es krim gaya Italia ini.

Salah satu yang baru membuka cabang di Jakarta adalah Venchi. Gerai pertamanya ada di Plaza Indonesia, di sebelah Godiva.

Para foodies langsung penasaran dengan merek asal Italia ini. Mereka juga tertarik mencicipi ragam cokelat dan gelato buatan Venchi.

Venchi didirikan tahun 1878

Venchi: Gelato 'Sultan' dari Italia Seharga Rp 80 Ribu per CupVenchi: Gelato 'Sultan' dari Italia Seharga Rp 80 Ribu per Cup Foto: detikfood

Venchi bukanlah pemain baru di industri cokelat Italia. Merek ini dirintis tahun 1800 oleh Silviano Venchi, pencinta cokelat asal Piedmont, Italia.

Venchi kemudian mendirikan gerai tahun 1878, bersamaan dengan peluncuran produk cokelat khas Piedmont bernama Gianduiotto.

Venchi membuat Gianduiotto dengan resep memakai minimal 32% hazelnut Piedmont. Jenis hazelnut ini sudah mendapat sertifikasi indikasi geografis (IG).

Artinya Venchi hanya memakai hazelnut dari wilayah spesifik Piedmont, bukan sembarangan. Hazelnut ini disebut memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat.

Dari cokelat ke gelato

Berawal dari cokelat, Venchi kemudian membuat gelato dan sorbet. Saat ini mereka punya 350 produk cokelat dan 90 rasa gelato serta sorbet musiman.

Venchi juga mengembangkan bisnisnya secara internasional dengan membuka gerai di lebih dari 70 negara. Mereka menyebut gerainya "chocogelateria".

Nama tersebut merepresentasikan cokelat dan gelato yang menjadi menu andalan Venchi.

Di Plaza Indonesia, gerai Venchi terletak di lantai 1. Interiornya terkesan klasik dan mewah dengan banyak unsur marmer dan emas.

Di bagian depan, kami bisa mengintip stok gelato yang tersedia di hari itu. Gelato ditempatkan dalam wadah stainless yang bisa mempertahankan suhu dinginnya.

Varian rasa gelato Venchi

Venchi: Gelato 'Sultan' dari Italia Seharga Rp 80 Ribu per CupVenchi: Gelato 'Sultan' dari Italia Seharga Rp 80 Ribu per Cup Foto: detikfood

Gelato Venchi dibedakan dalam 3 kategori yaitu Cream, Chocolate, dan Sorbet. Varian rasanya ada Piedmont Hazelnut, cappuccino, coconut, hingga salted toffee.

Lalu ada juga Cremino, Brutto Buono, dan Cuar Di Cacao dari kategori Cokelat. Untuk sorbet-nya berupa strawberry, bluebbery, dan mangga.

Sayang saat kami mampir, pilihan rasanya tak terlalu banyak. Kami akhirnya mencoba gelato favorit yaitu Cuar Di Cacao dan Gianduiotto Venezuela. Juga satu scoop sorbet mangga.

Harga 3 rasa gelato yang kami pilih Rp 80 ribu (Regular). Penyajiannya dalam cup, tapi sebenarnya bisa juga pakai cone. Sayangnya cone tengah habis ketika kami datang.

Kalau mau beli gelato 2 rasa (Small) dalam cup harganya Rp 65 ribu. Sementara yang 4 rasa (Large) Rp 95 ribu.

Uniknya Venchi menawarkan gelato untuk dibawa pulang dalam kemasan 500 gram, 750 gram, dan 1 kg. Harganya masing-masing Rp 250 ribu, Rp 375 ribu, dan Rp 500 ribu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com