Gelato dan Es Krim Kekinian

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Gelato dan Es Krim

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 01 Agu 2018 14:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Gelato dan es krim kerap disamakan padahal berbeda. Mulai dari komposisi bahan pembuatannya hingga tingkat creamy dua dessert lezat ini.

Suka gelato atau es krim? Keduanya menawarkan sensasi manis lembut saat dicicip. Namun dalam pembuatannya, gelato dan es krim memakai komposisi bahan yang berbeda. Berikut penjelasannya seperti dirangkum detikFood dari berbagai sumber (1/8):

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Gelato dan Es KrimFoto: Instagram @windybrowfarm

1. Tingkat creamy
Dibanding es krim, gelato lebih creamy dengan tekstur lebih halus dan lembut. Saat disekop, gelato juga lebih padat dan elastis. Berbeda dengan es krim yang teksturnya cenderung ringan dan cepat lumer di mulut.

Baca Juga: Adaptasi Rasa Lokal, Gelato Rasa Tolak Angin, Rujak hingga Martabak

2. Bahan
Sama-sama mengandung krim, susu dan gula, gelato menggunakan lebih banyak susu namun sedikit krim. Berbeda dengan es krim yang komposisi krimnya lebih banyak dibanding susu. Secara umum gelato juga tidak memakai kuning telur seperti yang umum ditemukan sebagai bahan pembuat es krim.

3. Kandungan lemak dan udara
Ditemui detikFood beberapa waktu lalu, Donato Toce dari Gelato Messina, Australia menjelaskan soal kandungan lemak dan udara pada gelato dan es krim. "Gelato kandungan lemaknya lebih rendah, biasanya setengah dari kandungan lemak es krim. Sementara itu, udara dalam adonan gelato maksimum hanya 25%. Pada es krim, jumlah ini bisa mencapai 100%. Ini sebabnya tekstur es krim lebih ringan, sedangkah gelato lebih padat dan tebal," tutur Donato.

Baca Juga: Ini Bedanya Es Krim, Gelato dan Sorbet

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Gelato dan Es KrimFoto: ilustrasi/thinkstock

4. Temperatur
Gelato disimpan di suhu 10-15 derajat lebih hangat dibanding es krim. Karenanya saat dicicip gelato tidak membuat lidah kelu atau kaget atau gigi ngilu seperti ketika menyantap es krim.

5. Beda dengan sorbet dan soft serve
Yang juga kerap dianggap sama dengan gelato dan es krim adalah sorbet dan soft serve. Sorbet pada intinya adalah dessert non susu. Dibuat dari buah yang dibekukan. Sementara soft serve mirip es krim, hanya saja lemak susunya lebih sedikit dengan kandungan udara yang lebih banyak.


Menyantap Sajian Gelato Unik di Kafe Cantik, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)