Seger Banget! 8 Menu Kopi yang Viral Ini Gampang Dibikin di Rumah

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 17 Mei 2022 12:00 WIB
Cold brew coffee with ice cream in glasses on wooden rustic table, delicious summer dessert
Foto: Getty Images/iStockphoto/istetiana
Jakarta -

Tidak hanya kopi hitam atau kopi susu, begitu banyak kreasi kopi yang bisa ditiru. Seperti beberapa racikan kopi yang sempat viral dan mudah untuk dibuat di rumah ini.

Kopi identik sebagai minuman penambah energi yang dinikmati saat pagi. Ternyata perkembangan racikan kopi begitu pesat sehingga banyak varian kopi yang bisa dinikmati sesuai selera.

Berbagai bahan bisa ditambahkan ke dalam segelas kopi dan membuatnya menjadi lebih lezat. Mulai dari susu, krim hingga kreasi kopi yang dibuat dengan teknik unik.

Racikan kopi ini menjadi viral dan diminati banyak orang. Ternyata untuk membuatnya sendiri di rumah tidak sulit. Rasanya juga pasti enak dan cocok untuk dinikmati sambil bersantai.

Berikut ini 8 racikan kopi viral yang enak dan mudah dibuat menurut Life Savvy (10/5):

Cold brew coffee with ice cream in glasses on wooden rustic table, delicious summer dessertAgar rasanya tidak hilang, salah satu resep kopi yang pernah viral punya trik untuk membuat cairan kopinya menjadi es batu. Foto: Getty Images/iStockphoto/istetiana

1. Es batu dari kopi

Minum es kopi susu paling enak jika ditambahkan es batu yang banyak. Tetapi ketika dibiarkan sebentar saja, es batu yang meleleh bisa membuat rasa kopi menjadi lebih cair dan kehilangan rasanya.

Untuk mengatasi itu, sebuah trik membuat kopi yang viral di TikTok bisa dicoba. Bikin es batu bukan dari air mineral, melainkan cairan kopinya sehingga ketika es batu meleleh, rasanya justru semakin kuat.

2. Iced Shaken Espresso rumahan

Di kafe-kafe, biasanya menu iced shaken espresso atau espresso yang dikocok dengan gula merah menjadi favorit. Akun TikTok @cofeebybella mencoba membagikan racikan iced shaken espresso andalannya yang mudah dibuat.

Bahan-bahannya hanya butuh bubuk espresso, gula merah, kayu manis bubuk dan susu cair. Semua bahan dicampur langsung menjadi satu dalam gelas atau botol yang agak besar. Setelahnya kamu bisa mengocok botolnya atau menggunakan pengocok sampai kopinya mulai berbusa tinggi.

3. Profee kaya protein

Kopi bisa dibuat lebih sehat. Caranya dengan mencampurkan kopi bersama bubuk protein.

Cara membuatnya juga cukup mudah seperti es kopi susu pada umumnya, hanya saja bubuk krimernya diganti dengan bubuk protein. Beberapa orang bahkan menyantap protein coffee atau dikenal dengan 'profee' ini sebagai menu sarapan yang bernutrisi.

Racikan kopi yang enak dan mudah dibuat lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Demam Permen Dalgona Gara-gara Squid Game"
[Gambas:Video 20detik]