7 Cara Unik Minum Kopi di Berbagai Negara, Bisa Jadi Inspirasi!

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 14 Mei 2022 06:00 WIB
7 Cara Unik Minum Kopi di Berbagai Negara, Bisa Jadi Inspirasi!
Foto: Mashed
Jakarta -

Minum kopi bukan sekadar kegiatan minum minuman hangat belaka. Di beberapa negara, bahkan ada budaya menikmati kopi yang dipercaya membuat kopi lebih enak.

Kopi menjadi salah satu minuman yang paling populer karena peminatnya yang tinggi. Kopi tidak hanya berupa minuman hitam yang bisa dinikmati dengan rasa pahit saja. Kini berbagai olahan kopi telah banyak dikembangkan dengan berbagai rasa dan pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera.

Ternyata kehadiran kopi sebagai minuman populer bukan hanya baru muncul akhir-akhir ini. Di beberapa negara di dunia minum kopi seolah memiliki budaya dan cara-caranya sendiri yang khas dan unik.

Perbedaan cara penyajian kopi di berbagai negara di dunia ini membuat hasil rasa dari kopinya itu sendiri memiliki karakter yang berbeda-beda dan unik. Setidaknya ada tujuh negara yang punya cara menyeduh kopi yang hasilnya nikmat menyegarkan dan patut dicoba.

Berikut ini 7 cara minum kopi yang unik di berbagai dunia menurut Mashed:

7 Cara Unik Minum Kopi di Berbagai Negara, Bisa Jadi Inspirasi!Di Ethiopia, kopi biasa diseduh dengan menggunakan wadah atau cawan yang terbuat dari tanah liat dan dimasak di atas arang. Foto: Mashed

1. Ethiopia

Ethiopia dikenal sebagai negara yang paling banyak menghasilkan kopi dan hasil produksi bahkan diimpor ke berbagai negara di belahan dunia manapun. Ethiopia bahkan disebut sebagai bank kopi dunia karena hasil produksinya yang begitu melimpah.

Di Ethiopia, kopi diseduh dengan cara yang cukup unik. Biji kopi yang sudah dihaluskan akan dimasukkan ke dalam wadah semacam kendi yang terbuat dari tanah liat dan dimasak di atas arang hingga mendidih dan matang. Di Ethiopia, penyajian kopi tidak terbiasa menggunakan susu, melainkan ditambahkan sedikit gula, garam dan mentega.

2. Kolombia

Kolombia juga menjadi negara yang dikenal dengan hasil produksi kopinya yang laris di pasar kopi Internasional. Hasil produksi kopi dari Kolombia, terutama di kota Bogota, dinilai sebagai biji kopi yang cukup berkualitas sehingga banyak dicari oleh para importir kopi dunia.

Di Kolombia sendiri, kopi biasa diseduh dengan cara menggunakan sistem drip atau penetesan. Bubuk kopi akan dimasukkan ke dalam sebuah kantung khusus kopi yang kemudian akan disiramkan air panas dari bagian atasnya. Nantinya tetesan seduhan kopi ini akan ditampung dalam wadah maupun cangkir yang selanjutnya akan dinikmati dengan sedikit tambahan gula.

3. Kuba

Negara Kuba tidak hanya dikenal dengan produk biji kopinya saja. Kuba juga dikenal sebagai negara dengan budaya minum kopi yang paling unik sehingga berhasil membuat banyak orang di dunia penasaran dengan budaya minum kopinya.

Penyeduhan kopi tradisional yang dilakukan di Kuba hampir mirip dengan di Kolombia. Kopi akan diseduh dalam kantung kain dan tidak disajikan dengan susu. Tetapi kemudian muncul pengaruh minum kopi dari Italia yang masuk di tahun 1930-an yang membuat kopi berjenis cafe con leche dengan campuran kental manis menjadi populer di Kuba.

Lihat juga video 'Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan':

[Gambas:Video 20detik]



Cara minum kopi yang unik lainnya ada di halaman berikutnya.