Kuliner Mudik

3 Tips Memilih Bawang Merah Brebes untuk Oleh-oleh

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 07 Mei 2022 10:01 WIB
Red onions on wood board
Foto: Getty Images/iStockphoto/greenp
Jakarta -

Tak hanya telur asin, Brebes juga dikenal dengan bawang merahnya. Bawang merah Brebes memiliki ciri-ciri tersendiri. Begini cara pilih bawang yang bagus.

Bagi pemudik dari Brebes, Jawa Tengah biasanya menjadikan bawang merah sebagai oleh-oleh. Bawang merah Brebes ini memiliki ciri-ciri yang membedakan dengan bawang merah lainnya.

Bawang merah Brebes ditanam didataran tinggi. Ciri-cirinya memiliki daun berwarna hijau silindris berlubang, umbinya berwarna merah muda terang dan bentuknya lonjong.

Selain itu, bawang merah Brebes juga bercincin kecil pada leher cakramnya. Ukurannya umbinya tidak terlalu besar tetapi berjumlah banyak. Setiap panen bisa menghasilkan 7-12 umbi atau 60-100 buah per tangkai.

Baca Juga: H-3 Lebaran, Harga Daging di Tangsel dan Bekasi Rp 180 Ribu Per Kilogram

Tips memilih bawang merahTips memilih bawang merah Foto: detikcom

Bagi kamu yang balik mudik dari Brebes lewat jalur darat bisa beli oleh-oleh bawang merah di rest area Heritage 260 B Banjaratma. DI sana ada banyak penjual bawang merah.

Detikcom pun menyambangi salah satu gerai yang juga menjual telur asin. Nur, selaku pemilik gerai membeberkan tentang tips-tips memilih bawang merah agar dapat yang berkualitas.

Berikut tipsnya:

1. Pilih yang Beraroma

Nur menyebutkan bahwa memilih bawang merah bisa dari aromanya. Pilihnya bawang merah yang aromanya kuat dan tajam. Jika diiris, bisa menyebabkan mata berair.

"Kalau dipotong matanya nangis tandanya bawang merahnya segar, bagus itu," ujar Nur.

Baca Juga: Harga Bahan Pokok Makin Naik, Belanja Rp 500 Ribu Bisa Dapat Apa Saja?

2. Pilih yang Berat

Selain aromanya, memilih bawang merah yang bagus juga bisa dilihat dari beratnya. Nur menyarankan untuk memilih bawang merah yang berat dan teksturnya keras.

Sebaliknya, hindari memilih bawang merah yang kering dan kopong. Bawang merah yang kering dan kopong menandakan bawang merah itu telah disimpan lama dan bisa jadi sudah membusuk.

3. Hindari yang Ada Tunasnya

Hindari juga bawang merah yang ada tunasnya. Tunas hijau pada bawang merah itu menandakan bahwa bawang merah masih muda. Bawang merah yang masih muda aromanya tidak begitu kuat.

"Kalau gak ada aromanya kan kurang enak buat masak," tutup Nur.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Telur Asin untuk Oleh-oleh khas Brebes



Simak Video "Puluhan Ribu Pengunjung Serbu Festival Baso Aci Garut 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)