Sajian Lezat Lebaran

Harga Bahan Pokok Makin Naik, Belanja Rp 500 Ribu Bisa Dapat Apa Saja?

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 30 Apr 2022 12:30 WIB
Ilustrasi hidangan lengkap lebaran
Foto: Getty Images/iStockphoto/Ika Rahma
Jakarta -

Harga bahan pokok semakin naik jelang lebaran. Kira-kira kalau bawa uang Rp 500 ribu ke pasar bisa beli makanan apa untuk lebaran?

Harga daging sapi di beberapa daerah sudah mencapai Rp 180 ribu per kilogram, padahal harga normalnya hanya sekitar Rp 125 sampai 130 ribu. Selain daging sapi, banyak juga bahan lain yang ikut mengalami kenaikan harga.

Dari hasil pantauan DetikFood di Pasar Modern BSD, Tangsel (29/4) bumbu dapur seperti bawang dan cabai pun ikut naik harga. Demikian pula dengan harga ayam hingga petai.

Pedagang daging di Pasar Modern BSD tengah melayani pembeli, Tangerang Selatan, Jumat (25/2/2022). Para pedagang daging sapi akan melakukan aksi mogok berjualan. Rencananya aksi mogok ini bakal dilakukan pekan depan, mulai 28 Februari hingga 4 Maret 2022.Pedagang daging di Pasar Modern BSD tengah melayani pembeli, Tangerang Selatan Foto: Grandyos Zafna

Dengan harga yang berlaku sekarang ini, uang Rp 500 ribu bisa membeli apa saja ya untuk kebutuhan masakan lebaran?

Misalnya saat lebaran sudah menyusun menu yang terdiri dari ketupat, rendang, opor ayam dan sambal goreng kentang. Menu ini untuk konsumsi satu kali makan 10 orang anggota keluarga.

Kamu bisa membeli satu kilogram daging seharga Rp 180 ribu untuk bahan membuat rendang. Satu kilo daging ini bisa dipotong 10-20 tergantung ukuran besar kecilnya.

Kemudian beli satu ekor ayam kampung untuk dibuat opor seharga Rp 85 ribu. Ayam kampung ini bisa dibagi menjadi 8-10 potong. Lalu untuk membuat sambal goreng kentang kamu bisa membeli kentang sesuai kebutuhan, misalnya dua kilo kentang seharga Rp 32-40 ribu.

Dan jangan lupa membeli ketupat. Untuk kulit ketupat dibanderol harga Rp 10-15 ribu per 10 buah. Jika ingin membeli ketupat matang, harganya mulai Rp 45-60 ribu per 10 buah.

Dengan daftar belanja kasar ini kamu sudah menghabiskan uang Rp 365 ribu.

Belum lagi untuk membeli bumbu dan bahan pelengkap lainnya seperti cabai yang dibanderol Rp 70-80 ribu perkilogram. Ada juga bawang merah yang harganya Rp 50 ribu per kilogram dan bawang putih Rp 45 ribu per kilogram.

Bowl of Indian spicy mutton roast.Ilustrasi ketupat dan makanan lebaran Foto: iStock

Kamu juga membutuhkan santan, aneka rempah serta petai untuk melengkapi sambal goreng kentang. Harga petai saat ini terpantau Rp 15 ribu untuk satu papan.

Jangan lupa juga, kamu membutuhkan minyak goreng, garam, gula hingga bumbu penyedap. Dan yang pasti kamu juga harus memastikan gas di rumah masih cukup untuk memasak ya.

Kalau dimanfaatkan dengan maksimal, sebenarnya uang Rp 500 ribu sudah cukup untuk membuat hidangan lebaran. Jika tak ingin kantong jebol, pilih menu yang lebih sederhana.



Simak Video "Sajian Berbeda di Hari Lebaran: Gulai Kepala Ikan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/adr)