H-3 Lebaran, Harga Daging di Tangsel dan Bekasi Rp 180 Ribu Per Kilogram

Devi Setya - detikFood
Jumat, 29 Apr 2022 11:30 WIB
Pedagang daging di Pasar Modern BSD tengah melayani pembeli, Tangerang Selatan, Jumat (25/2/2022). Para pedagang daging sapi akan melakukan aksi mogok berjualan. Rencananya aksi mogok ini bakal dilakukan pekan depan, mulai 28 Februari hingga 4 Maret 2022.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Semakin dekat waktu lebaran, harga kebutuhan pokok pun semakin melonjak. Hari ini, Jumat (29/4) harga daging sapi di Tangsel dan Bekasi terpantau Rp 180 ribu per kilogram.

Banyak ibu-ibu yang mulai belanja kebutuhan dapur hari ini. Berbagai bahan pangan yang akan diolah menjadi masakan khas lebaran pun mulai dibeli untuk diolah jelang lebaran.

Daging sapi, ayam hingga bumbu dapur terpantau mengalami kenaikan harga. Tak tanggung-tanggung, harga daging sapi dibanderol Rp 180 ribu per kilogram.

Pedagang daging di Pasar Modern BSD tengah melayani pembeli, Tangerang Selatan, Jumat (25/2/2022). Para pedagang daging sapi akan melakukan aksi mogok berjualan. Rencananya aksi mogok ini bakal dilakukan pekan depan, mulai 28 Februari hingga 4 Maret 2022.Pedagang daging di Pasar Modern BSD tengah melayani pembeli, Tangerang Selatan Foto: Grandyos Zafna

Berdasarkan pantauan DetikFood di sejumlah pasar, kenaikan harga ini terbilang rata alias semuanya mengalami naik harga dibandingkan beberapa hari lalu. Seperti di Pasar Modern BSD, Tangerang Selatan harga daging terpantau mulai Rp 165 ribu per kilogram untuk bagian sengkel.

Untuk daging rendang harganya Rp 180 ribu per kilogram, sementara daging has dalam Rp 185 ribu per kilogram.

Lonjakan harga yang sama juga terjadi di Bekasi, tepatnya di Pasar Kecapi Jatiwarna. Harga daging per hari ini, Jumat (29/4) dibanderol Rp 180 ribu per kilogram. Padahal beberapa hari lalu harga daging masih di kisaran Rp 150 kilogram dan sebelumnya harga normal daging Rp 125 ribu sampai Rp 130 ribu.

Tak hanya daging sapi saja, berbagai komoditas lainnya pun ikut naik. Seperti ayam kampung ukuran sedang dibanderol harga Rp 85 ribu, ayam pejantan Rp 45 ribu dan ayam negeri Rp 40 ribu. Ini untuk harga ayam di Pasar Modern BSD.

Memasuki awal ramadan 2022, sejumlah harga bahan pokok di Pasar Senen melonjak naik. Salah satu bahan pokok yang harganya merangkat naik adalah cabai.Cabai salah satu bahan pokok yang harganya merangkat naik Foto: Agung Pambudhy

Demikian juga untuk bumbu dapur. Bawang merah dan bawang putih pun terpantau mengalami kenaikan harga. Untuk bawang merah harganya Rp 50 ribu per kilogram dan bawang putih Rp 45 ribu per kilogram.

Sementara harga cabe merah keriting mencapai Rp 80.000 per kilogram, cabe merah besar dan rawit merah Rp 70.000 per kilogram. Menurut penjual kenaikan karena pasokan sudah berkurang. Sedangkan harga petai segar 1 papan Rp 15.000.

Hari ini pun terlihat mulai banyak penjual kulit ketupat. Harga kulit ketupat ini harganya Rp 10-15 ribu untuk setiap 10 buah kulit ketupat. Meskipun sudah ramai penjual kulit ketupat, namun belum banyak yang membeli kulit ketupat ini. Kemungkinan diprediksi orang-orang akan mulai belanja kulit ketupat pada H-2 lebaran.

Lihat juga video saat 'H-5 Lebaran, Harga Daging Sapi di Kab. Bogor Mencapai Rp 170 Ribu/Kg':

[Gambas:Video 20detik]



(dvs/odi)