Kuliner Mudik

4 Tips Memilih Telur Asin untuk Oleh-oleh khas Brebes

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 04 Mei 2022 12:00 WIB
Tips memilih telur asin
Foto: detikcom
Jakarta -

Telur asin jadi oleh-oleh khas Brebes yang paling populer. Ketika membeli, perhatikan tips ini agar mendapatkan telur asin yang bagus kualitasnya.

Setelah pulang mudik pasti banyak orang yang membawakan oleh oleh khas daerah untuk orang-orang terdekat di Jakarta. Seperti pemudik dari Brebes, Jawa Tengah misalnya yang menjadikan telur asin sebagai buah tangan.

Bagi banyak orang, telur asin merupakan oleh oleh yang populer dan paling pas untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga, teman hingga mertua. Jika kamu singgah di rest area Heritage 260 B Banjaratma kamu akan menemukan banyak gerai telur asin.

Dari pantauan detik.com beberapa waktu lalu, setiap gerai telur asin di rest area Heritage selalu dipenuhi pengunjung. Mereka pun memilih satu persatu telur asin agar mendapatkan yang berkualitas.

Kepada detikcom (20/04), Nur, selaku pemilik gerai oleh-oleh telur asin Tip Top mengatakan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih telur asin. Berikut beberapa tips tersebut:

1. Perhatikan Warna Cangkang Telur

Tips memilih telur asinNur, pemilik gerai oleh-oleh Telur Asin Tip Top Foto: detikcom

Hal yang pertama harus dilakukan adalah memperhatikan warna cangkang telur. Nur menyarankan untuk memilih atau asin yang cangkangnya berwarna biru cerah dan tidak kusam.

Hindari memilih telur asin yang cangkangnya terdapat bercak atau bintik-bintik hitam. "Kalau ada bercaknya itu biasanya gak segar udah gak bagus," ujar Nur yang sudah bertahun-tahun berjualan telur asin.

Baca Juga: Lembut Juicy Ayam Gulung Isi Telur Asin di Gang Nikmat

2. Pilih yang Berat

Lebih lanjut, pemilik gerai telur asin Tip Top tersebut menyebutkan bahwa memilih telur asin yang berkualitas bisa diuji dengan beratnya. Tips ini berlaku ketika memesan telur yang masih mentah atau telur bebek yang belum direbus.

"Kalau masih mentah itu pilih yang berat. Kalau masih berat itu tandanya masih segar biasanya masih usia 10 hari," tutur Nur.

3. Cek Telur di Depan Cahaya

Tips memilih telur asinTips memilih telur asin bisa menggunakan cahaya untuk melihat posisi kuning telur Foto: detikcom

Tips memilih telur asin dengan mengecek telur di depan cahaya disebutkan oleh anak dari pemilik gerai oleh-oleh telur asin Pak Roshid ketika ditemui detikcom di rest area Heritage 260 B Banjaratma.

"Bisa cek pakai cahaya atau senter. Itu buat lihat posisi kuning telurnya. Kalau telur kuningnya utuh dan gak geser itu yang bagus. Kelihatan kok kalau disenter pakai handphone," ujarnya.

Baca Juga: Gurih Mantap! Telur Asin Asap, Oleh-oleh Nikmat dari Kisaran

4. Rendam Pakai Air Garam

Tips terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan merendam telur asin di dalam air garam. Siapkan segelas air dan satu sendok garam lalu adik hingga rata.

Kemudian masukkan telur asin. Jika telur asin tenggelam itu tandanya telur asin masih segar. Begitu juga sebaliknya, jika telur asin mengapung tandanya tersebut tidak segar.

Baca Juga: Cara Membuat Telur Asin dengan Cepat, Ini Kiatnya



Simak Video "Bothok Telur Asin, Gurihnya Telur dengan Tekstur Lembut Khas Bothok, Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)