ADVERTISEMENT

Bayar Hutang Puasa dengan Fidyah atau Memberi Makan Orang Miskin

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 06 Mei 2022 08:00 WIB
Cara membayara fidyah
Foto: iStock
Jakarta -

Puasa ramadan merupakan ibadah wajib. Namun, bagi beberapa orang yang tidak mampu berpuasa bisa mengganti dengan membayar fidyah. Bagaimana caranya?

Kata 'fidyah' diambil dari kata 'fadaa' yang artinya mengganti atau menebus. Fidyah dapat diartikan sebagai tebusan atau mengganti puasa yang ditinggalkan karena tidak sanggup melakukan.

Ini berlaku bagi ibu hamil dan menyusui, orang tua renta dan orang yang sakit parah dan kecil kemungkinan untuk sembuh. Hal tersebut sesuai dengan surat Al-Baqarah ayat 184.

"...Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui," (Q.S. Al Baqarah: 184).

Baca Juga: 5 Kisah Ojol Viral, Diajak Buka Puasa Bareng hingga Disuruh Cepat Pesan Makanan

Cara membayara fidyahCara membayar fidyah bisa berupa gandum Foto: iStock

Dikutip dari Baznas, fidyah wajib dilakukan untuk mengganti ibadah puasa dengan membayar sesuai jumlah hari puasa yang ditinggalkan untuk satu orang. Fidyah dilakukan dengan memberi makan orang miskin.

Imam Malik, Imam As-Syafi'I mengatakan bahwa fidyah yang harus dibayarkan sebesar 1 mud gandum atau setara dengan dengan 6 ons/ 675 gram/ 0,75 kg atau seukuran telapak tangan yang ditengadahkan saat berdoa.

Sementara menurut Ulama Hanafiyah, fidyah yang harus dikeluarkan sebesar 2 mud gandum. Aturan ini biasanya digunakan untuk orang yang membayar fidyah berupa beras.

Baca Juga: Keluhan Ojol Dapat Order Makanan Mepet Waktu Sahur dan Buka Puasa

Cara membayara fidyahCara membayar fidyah bisa berupa berasFoto: iStock

Cara membayar fidyah ibu hamil bisa berupa makanan pokok. Misalnya, ibu hamil tidak berpuasa selama 30 hari, maka ia harus menyediakan fidyah 30 takar di mana masing-masing sebanyak 1,5 kg.

Fidyah bisa dibayarkan kepada 30 orang miskin atau beberapa orang saja. Misalnya ke dua orang, berarti masing-masing mendapat 15 takar beras. Membayar fidyah juga bisa dengan uang.

Caranya adalah dengan memberikan sejumlah uang yang sebanding dengan harga kurma atau anggur seberat 3,25 kilogram untuk per hari puasa yang ditinggalkan, selebihnya mengikuti kelipatan puasanya.

Baca Juga: Menu Buka Puasa ala Ayu Ting Ting, Ada Pisang Goreng Andalan Ayah Ojak



Simak Video "Jangan Asal Membayar Fidyah Loh"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT