Masak Babi Guling Seharga HP Baru, TikToker Ini Bikin Geger Netizen

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 06 Mei 2022 14:00 WIB
Masak Babi Guling Seharga HP Baru, TikToker Ini Bikin Geger Netizen
Foto: TikTok/kania_angelo
Jakarta -

Punya ciri khas kontennya masing-masing, konten kreator asal Bali ini terkenal dengan hidangan babinya. Kali ini Kania memasak babi guling seharga ponsel (handphone) baru.

Penduduk asli Bali melakukan perayaan sepanjang tahun. Pada setiap perayaan ini banyak sekali ritual-ritual hingga hidangan yang disajikan untuk melengkapi acara tersebut.

Ikut menyiapkan berbagai hidangan sejak kecil, membuat seorang TikToker asal Bali bernama Kania Angelo ini begitu handal dalam memasak makanan khas Bali terutama olahan babi. Mulai dari samsam, lawar, bahkan babi guling.

Kali ini Kania Angelo memamerkan kebolehannya memasak babi guling, dari seekor babi yang dirawat, dipotong hingga dimasaknya sendiri. Konon harga babi guling yang dimasaknya ini setara dengan sebuah ponsel baru.

Masak Babi Guling Seharga HP Baru, TikToker Ini Bikin Geger NetizenMembeli seekor babi utuh, Kania Angelo mempersiapkan babinya yang menggemaskan ini untuk dimasak menjadi babi guling. Foto: TikTok/kania_angelo

Mengutip TikTok @kania_angelo (2/5), terlihat Kania memamerkan seekor babi yang sudah bersih dari bulu dan isi perutnya. Babi ini siap dimasak dengan bumbu. Bahkan sebelum mati, babinya sempat dirawat dan diberi nama Meme oleh Kania. Konon hal tersebut lantaran babi kecil ini berjenis kelamin betina dan jika tidak dipotong ia akan menjadi ibu yang dalam bahasa Bali disebut 'Meme'.

Ia membersihkan sisa bulu yang menempel pada babi, mengisi bumbu ke dalam perut babi, hingga menyiramkan minuman bersoda yang dipercaya oleh Kania dapat membuat kulit babi menjadi 'glowing'. Setelah sebuah kayu ditusukkan ke dalam tubuh babi, babi kemudian diguling di atas api hingga berjam-jam lamanya.

Kania juga secara teratur mengoleskan bumbu agar babi gulingnya matang merata dengan bumbu yang meresap. Semakin lama, kulit babi terlihat semakin cokelat kemerahan dan semakin garing.

Setelah matang, Kania tidak lupa untuk 'tes kriuk' yang identik dengan menguji kerenyahan kulit babi guling tepat setelah matang. Dalam kontennya ini, Kania juga memberikan tantangan pada netizen untuk menebak harga Meme yang telah dimasak menjadi babi guling oleh dirinya.

Masak Babi Guling Seharga HP Baru, TikToker Ini Bikin Geger NetizenSeluruh tahapannya dilakukan sendiri oleh Kania hingga menghasilkan babi guling yang renyah ngritik. Foto: TikTok/kania_angelo

Dikonfirmasi oleh detikcom (5/5) harga seekor babi yang dimasak oleh Kania ini ternyata lebih dari Rp 2,5 juta rupiah. Tentunya harga babi yang cukup tinggi ini begitu menggemparkan bagi netizen yang melihatnya. Banyak yang menyamakan harganya bisa beli ponsel baru.

Unggahan proses memasak babi guling ini bahkan menjadi viral hingga dilihat lebih dari 17 juta kali. Belasan ribu komentar terlihat memenuhi unggahan video singkat tersebut mulai dari yang menebak harga babinya hingga yang menggoda Kania dengan pertanyaan kocak.

"Kakak ini kalo dimakan pas udah dingin masih enak gak ya? Rencananya mau buat sahur besok," tulis akun @k*b*c*y.

"Harga babi sekarang memang sudah mahal, terakhir aku beli Rp 1,5 sampai Rp 2 jutaan," tulis akun @chicocococoo.



Simak Video "Bikin Laper: Mencicipi 3 Makanan Khas Daerah Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)