Kocak! Netizen Malaysia Ini Pesan Drive Thru Pakai Bahasa Jawa

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 05 Mei 2022 11:00 WIB
Kocak! Netizen Malaysia Ini Pesan Drive Thru Pakai Bahasa Jawa
Foto: Says
Jakarta -

Pesan makanan via layanan drive thru, netizen ini lakukan aksi usil bikin ngakak. Menyambangi McDonald's Malaysia, dirinya justru memesan dengan bahasa Jawa.

Bahasa menjadi identitas komunikasi yang digunakan oleh sebuah bangsa atau budaya. Beberapa orang mungkin dapat memahami bahasa yang berbeda dengan yang biasanya digunakan oleh orang sekitarnya.

Bahkan di Indonesia saja, setiap daerahnya memiliki bahasa yang berbeda yang tidak jarang membuat orang lain akan kebingungan saat mendengarnya. Apalagi jika menggunakan suatu bahasa dari negara lain di negara yang berbeda.

Tetapi aksi kocak dilakukan oleh seorang netizen asal Malaysia. Fasih berbahasa Jawa, dirinya justru memesan makanan di gerai McDonald's dengan menggunakan bahasa Jawa dan membuat bingung pekerjanya.

Kocak! Netizen Malaysia Ini Pesan Drive Thru Pakai Bahasa JawaNetizen Malaysia ini memesan drive thru McDonald's dengan menggunakan bahasa Jawa. Foto: Says

Mengutip Says (28/4), tren berbicara dalam bahasa asing tengah menjadi perhatian di Malaysia. Penduduk Malaysia yang berbahasa Melayu ternyata banyak juga yang mampu berbicara bahasa Jawa, Inggris, Arab, Mandarin dan sebagainya.

Salah seorang penduduk Malaysia yang juga aktif membuat TikTok ini misalnya. Ingin memesan layanan drive thru, TikToker ini justru gunakan bahasa Jawa saat berbicara kepada pekerja gerai McDonald's untuk memesan makanan.

Dalam video tersebut, TikToker yang sedang memesan melalui speaker drive thru ini menyebutkan berbagai menu, jumlah, hingga pesanan tambahan dalam bahasa Jawa. Uniknya, respon yang terdengar melalui pengeras suara juga tidak kalah mengejutkan.

Pekerja gerai McDonald's Malaysia yang bertugas melayani pesanan drive thru ternyata juga mengerti dan mampu berbicara dalam bahasa Jawa. Netizen yang melihatnya dibuat terkejut dengan percakapan yang terjadi antara keduanya.

Kocak! Netizen Malaysia Ini Pesan Drive Thru Pakai Bahasa JawaUniknya, pekerja yang melayani di drive thru juga membalas pesanan tersebut dengan bahasa Jawa. Foto: Says

Walaupun tidak terdengar cukup jelas, samar-sama TikToker tersebut mengucapkan "Saya arep es krim dinosaur tu siji, eh loro loro. Siji maning nyong arep McFlurry vanila siji." Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, percakapan tersebut diterjemahkan menjadi: Saya mau es krim dinosaurus itu satu, eh dua dua. Satu lagi saya mau McFlurry vanilla satu).

Saat dilihat oleh detikcom (4/5) unggahan ini bahkan telah dilihat lebih dari 969 ribu kali dengan ribuan komentar yang meresponnya. Tidak sedikit orang Indonesia yang ikut tertawa melihat percakapan singkat tersebut.

"Interview McD: pelafal Mandarin (tanda silang) pelafal bahasa Jawa (tanda ceklis)," tulis akun @tsumie.

"Ini pasti Mcdonald's Banting, paling banyak keturunan Jawa di daerah Selangor ya di sana. Aku juga sama saja orang Jawa (yang tinggal di sana)," tulis akun @cingurting.

Simak juga 'Mulai 1 Mei, Malaysia Cabut Aturan Wajib Masker di Luar Ruangan':

[Gambas:Video 20detik]



(dfl/adr)