ADVERTISEMENT

5 Tips Makan Sahur Agar Puasa Tetap Berenergi dan Tak Kelebihan Kalori

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 28 Apr 2022 02:00 WIB
Tips sahur agar puasa bernergi
Foto: iStock
Jakarta -

Kunci kuat berpuasa selain berdoa adalah dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi ketika sahur. Pastikan makanan sahurmu mengandung beberapa nutrisi ini.

Banyak orang yang sengaja makan sahur dalam porsi yang banyak agar puasa mereka tidak lemas dan tidak lapar. Padahal pola makan seperti itu justru bisa mengganggu ibadah berpuasa.

Dengan makan banyak, kamu akan mengasup lemak tidak sehat yang menjadi pemicu utama penurunan energi dan penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

Sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW, makanlah secukupnya. Kuncinya adalah pilih menu makanan yang sederhana yang kaya nutrisi, seperti protein, omega-3 dan flavonoid.

Dilansir dari En.brilio.net berikut 5 tips makan sahur agar tetap berenergi dan tak kelebihan kalori:

1. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Tips sahur agar puasa bernergiTips sahur agar puasa berenergi dengan mengonsumsi karbohidrat berenergi Foto: iStock

Karbohidrat kompleks adalah makanan yang mengandung karbohidrat, kaya serat dan rendah gula. Makanan seperti ini cocok dimakan saat sahur agar tubuh berenergi.

Selain itu, juga mengandung vitamin dan mineral lebih banyak dibandingkan karbohidrat biasa, sehingga akan membuat kamu kenyang lebih lama. Kamu bisa mendapatkan dari roti gandum.

Tak hanya itu, karbohidrat kompleks juga bisa kamu dapatkan dari pisang, kentang, jagung, gandum, ubi jalar, sayuran dan kacang-kacangan. Berbeda dengan nasi yang bisa menambah lemak.

Baca Juga: Masakan Buatan Rumah yang Nikmat untuk Sahur dan Berbuka Puasa

2. Konsumsi Smoothie

Tips sahur agar puasa bernergiTips sahur agar puasa berenergi dengan mengonsumsi smoothie Foto: iStock

Smoothie juga bisa jadi pilihan menu sahur untuk menambah energi secara alami. Kamu bisa membuat smoothie yang kaya protein dari beberapa bahan seperti susu, yogurt, quick oat dan pisang.

Atau bisa juga menambahkan selai kacang, bubuk kakao dan biji chia. Haluskan semua bahan-bahan tersebut dengan menambahkan es batu agar lebih nikmat.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa mencampurkan sayuran ke dalamsmoothie. Misalnya kangkung dan bayam dalam keadaan beku. Penambahan air kelapa padasmoothie juga akan lebih menyehatkan.



Simak Video "Segarnya Aneka Dessert Kelapa Muda di Food Street PIK"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT