ADVERTISEMENT

Masakan Rumahan

Masakan Buatan Rumah yang Nikmat untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 29 Mar 2022 18:15 WIB
Festive traditional Middle Eastern Muslim Halal food on the table. Celebration of Eid al-Adha, Feast of Sacrifice
Foto: Getty Images/iStockphoto/Fevziie Ryman
Jakarta -

Tidak terasa, sebentar lagi umat Muslim menyambut bulan suci Ramadan. Berbagai persiapan mulai dari stok bahan makanan rumahan dan tips-tips untuk menjalankan puasa yang lancar perlu mulai diperhatikan.

Semakin hari, bulan Ramadan yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim semakin dekat. Bahkan hanya dalam hitungan hari, ibadah puasa Ramadan akan mulai berlangsung.

Pada hari Jumat (1/4), Kementerian Agama menggelar sidang isbat untuk menetapkan tanggal jatuhnya 1 Ramadan 1443 Hijriah. Tetapi ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa secara hisab 1 Ramadan 2022 akan jatuh pada hari Jumat (1/4).

Semakin dekatnya Ramadan ini tentunya harus diimbangi dengan persiapan yang semakin matang. Mulai dari bahan makanan untuk persiapan sahur dan berbuka, hal-hal yang perlu diketahui untuk membuat puasa menjadi lancar, hingga tips dan trik yang bisa dilakukan untuk memudahkan ibadah puasa bagi yang tak punya banyak waktu luang.

Baca juga: Terobsesi Kurus, Model Ini Rela Hanya Makan Cheetos Sampai Tak Bisa Jalan

Festive traditional Middle Eastern Muslim Halal food on the table. Celebration of Eid al-Adha, Feast of SacrificeMenyambut Ramadan, masakan rumahan menjadi yang paling dirindukan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Fevziie Ryman

Salah satunya yang paling krusial adalah kebutuhan makanan, baik untuk sahur, berbuka puasa, maupun makan malam. Menahan hawa nafsu seringkali justru membuat banyak orang merasa lebih lapar mata ketika melihat makanan.

Tidak sedikit juga yang kebingungan untuk menentukan menu makan apa yang bisa dihidangkan saat sahur, berbuka puasa maupun saat makan malam. Sebenarnya ada banyak sekali ide-ide yang bisa didapatkan untuk mengolah menu makanan yang sederhana, lezat dan cepat untuk menunjang ibadah puasa.

Masakan rumahan menjadi hidangan yang akan selalu cocok untuk disajikan kapanpun terutama ketika memasuki bulan Ramadan. Pengalaman berpuasa bersama keluarga pastinya akan selalu menjadi yang paling menyenangkan.

Tidak hanya bagi yang menjalankan puasa bersama keluarga, masakan rumahan juga bisa ditiru oleh perantau yang jauh dari keluarga. Banyak juga tips-tips yang bisa diterapkan untuk memudahkan berpuasa terutama bagi anak kos dan pekerja yang sibuk ditengah keterbatasan waktu dan bahan-bahan yang dimiliki.

Baca juga: Ramadan di Rumah, Beragam Lauk Lezat Akan Jadi Juara

Festive traditional Middle Eastern Muslim Halal food on the table. Celebration of Eid al-Adha, Feast of SacrificePada ulasan kali ini, detikfood akan membahas serba-serbi masakan rumahan serta tips yang cocok untuk bulan Ramadan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Fevziie Ryman

Pada ulasan detikfood kali ini serba-serbi tentang masakan rumahan akan dikupas tuntas termasuk berbagai tips yang bisa diterapkan untuk menyambut Ramadan. Mulai dari ide menu sahur hingga berbuka, olahan berbagai bahan makanan praktis, hingga tips membuat kreasi masakan yang sederhana dan mudah untuk yang tak punya banyak waktu luang.

Ide-ide masakan rumahan yang bisa didapatkan juga akan mudah untuk ditiru dan dibuat sendiri di rumah. Cara seperti ini cocok untuk kamu yang harus berpuasa terpisah dengan keluarga tanpa melupakan sensasi masakan rumahan buatan Ibu.

Banyak resep yang juga bisa diikuti untuk menyajikan menu buka puasa yang manis dan menyegarkan untuk disantap bersama keluarga. Mulai dari gorengan, bubur manis hingga berbagai minuman segar bisa kamu contek resepnya dan hidangkan di meja makan sambil menunggu adzan Maghrib berkumandang.

Ulasan kali ini dijamin akan menyajikan informasi yang menarik, informatif dan juga dibutuhkan. Pastikan untuk tidak ketinggalan artikel-artikel menariknya dan pantau terus detikfood ya!

Baca juga: 5 Pola Makan Ini Bikin Sperma Lebih Kental, Bapak-Bapak Wajib Contek!



Simak Video "Mpok Atun 'Si Doel Anak Sekolahan' Buka Warung Makan di BSD"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT